Merck Umumkan Metformin Bisa Digunakan Selama Kehamilan di Eropa

Majalah Farmasetika – Merck telah mengumumkan perpanjangan label untuk produk metformin di UE – glucophage (metformin hydrochloride segera rilis), glucophage (metformin HCL extended release), dan stagid (metformin embonate rilis segera) – untuk digunakan selama kehamilan.

Variasi untuk perpanjangan label telah disetujui berdasarkan hasil dari studi keamanan kohort berbasis register Merck, yang menyelidiki tindak lanjut anak-anak dari lebih dari 4.000 kehamilan, dengan metformin hingga 11 tahun, dan publikasi ilmiah independen yang ekstensif. Ini semua menegaskan tidak ada peningkatan risiko kelainan kongenital atau toksisitas feto/neonatal setelah terpapar metformin pada saat pembuahan dan selama kehamilan.

Diabetes tipe 2 tumbuh semakin lazim di seluruh dunia. Pada tahun 2021, 21,1 juta kelahiran di seluruh dunia (16,7%) dipengaruhi oleh hiperglikemia. Menggunakan metformin selama kehamilan sebanding dengan insulin dalam mencapai kontrol gula darah ibu, dan lebih baik daripada insulin mengenai kenaikan berat badan kehamilan, menurut otoritas Kesehatan Eropa.

Ketika dikombinasikan dengan insulin untuk diabetes pregestasional, metformin mengurangi jumlah insulin yang dibutuhkan dan menurunkan risiko hipoglikemia berat.

Maria Rivas, SVP dan CMO di Merck berbagi, “Selama kehamilan dan ketika ingin hamil, kontrol glikemik yang baik adalah yang paling penting, karena kontrol glikemik yang tidak memadai menyebabkan risiko keguguran tiga kali lebih tinggi daripada wanita normoglikemik. Perkiraan risiko malformasi menjadi dua kali lipat. Hingga saat ini, ibu hamil diharuskan menggunakan insulin untuk mengontrol gula darahnya selama periode tersebut. Ekstensi label sekarang membuka alternatif tablet untuk wanita yang tidak mampu atau ingin menggunakan suntikan setiap hari.”

Sumber

First oral diabetes treatment approved in Europe for use during pregnancy http://www.pharmafile.com/news/609109/first-oral-diabetes-treatment-approved-europe-use-during-pregnancy

Share this:
Baca :  Ertugliflozin, Obat Baru Terapi Diabetes dari Golongan SGLT-2

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi majalah populer. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Etranacogene Dezaparvovec, Terapi Gen Baru untuk Hemofilia B

Majalah Farmasetika – Terapi gen berbasis vektor virus terkait adeno adalah terapi gen pertama yang …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.