Apotek Masa Depan : Konsep Apotek Online yang Berpusat pada Pelanggan

Majalah Farmasetika – Divante Inovation Lab, Sebuah start up e-commerce asal Polandia membeberkan konsep apotek masa depan dalam bentuk Apotek Online yang Berpusat pada Pelanggan.

Kurangnya kenyamanan emosional, mengabaikan pendapat pasien, dan rendahnya tingkat kerjasama antara dokter dan apotek adalah beberapa ketegangan umum dalam hubungan dokter-pasien saat ini. Meskipun teknologi tidak dapat menyelesaikan semuanya, teknologi dapat membantu kita menciptakan ekosistem kompleks yang menempatkan pasien sebagai pusat lagi. Inilah tepatnya yang dimaksud dengan konsep Farmasi Masa Depan.

Apa yang hilang dalam komunikasi antara pasien dan apoteker?

Menurut laporan Siemens Healthiness, hanya 38% pasien yang menerima informasi medis yang dapat dimengerti sepenuhnya selama kunjungan terakhir mereka ke dokter dan merasa mereka dapat dengan bebas menanyakan detailnya. Hal ini membuat sebagian besar orang yang membutuhkan dukungan medis dalam bahaya minum obat dengan cara yang tidak tepat karena kurangnya informasi atau pemahaman.

Ternyata sistem apotek saat ini cacat dalam banyak hal. Dalam kebanyakan kasus, pasien harus berulang kali mengunjungi dokter, melengkapi kekurangan informasi tentang kondisi kesehatannya, mencari obat yang tersedia, dan terus memantau kesehatannya. Bagi banyak orang sehat, ini sudah menjadi beban. Bayangkan betapa lebih sulitnya ini bagi pasien yang lebih tua atau mereka yang harus minum obat sepanjang hidup mereka!

“Dampak teknologi, seringkali pada proses medis yang sangat kompleks, sudah terlihat. Dibandingkan dengan manusia, solusi berdasarkan AI dan ML memungkinkan diagnosis penyakit yang jauh lebih cepat. Teknologi IoT membantu mencegah situasi yang tiba-tiba dan mengancam jiwa. Sementara solusi klien saat ini yang tersedia di pasar farmasi sangat sedikit menggunakan teknologi yang tersedia, saya percaya bahwa, dalam waktu dekat, kita dapat mengharapkan pendalaman yang signifikan dari penggunaan teknologi yang akan menghubungkan semua pelaku pasar (pasien, dokter, laboratorium, pemasok).” Piotr Szawiec, Customer Experience Expert at Quality Watch.

Mengembangkan solusi masa depan yang menghubungkan orang-orang dengan layanan medis

Menurut McKinsey, lebih dari 75% pasien berharap untuk menggunakan layanan digital di masa depan. Divante percaya bahwa perubahan ini akan segera datang. Bersama dengan pengembang dan analis dari Divante Innovation Lab, kami menjalankan analisis teknologi yang sudah digunakan di sektor lain. Hal-hal seperti kecerdasan buatan, internet of things, atau pencarian visual sudah cukup populer dan ada beberapa solusi bagus yang didedikasikan untuk sektor medis. Mengapa tidak menggunakannya?

Dengan pilihan teknologi yang memungkinkan, kami menempatkan pasien di pusat proses desain kami dan mulai mencari produk dan solusi perawatan kesehatan yang diperlukan. Kami mengerjakan semua proses dan interaksi selalu dimulai dari pasien dan mengalir dengan demikian menuju dokter, apoteker, laboratorium, toko obat dan apotek, keluarga, penjaga, dan perusahaan pengiriman. Kami mencari semua interaksi antara para pemain ini dan melihat bagaimana kami dapat menyederhanakan alur ini.

Baca :  Regulasi Apotek Online dan Antar Obat di Jerman Mengedepankan Peranan Apoteker
Jaringan koneksi dan dependensi yang digunakan dalam Konsep Farmasi Masa Depan (DIvante.com)

Konsep Apotek Masa Depan

Dengan Apotek Masa Depan, Divante membayangkan sistem yang sempurna dan bagaimana tampilannya. Terbagi menjadi beberapa produk dan layanan, ternyata menjadi seperangkat alat yang saling melengkapi dan fleksibel untuk berbagai pemain di persimpangan sektor farmasi, medis, dan sektor terkait lainnya. Semua elemen ini berpusat di sekitar pasien.

“Memfokuskan semua produk dan layanan yang digunakan di Apotek Masa Depan pada pasien sangat penting. Sepanjang perawatan dan pengobatan, pasien adalah satu-satunya titik yang menghubungkan semua yang lain. Kita seharusnya tidak melupakan itu.” ujar Artur Wala, Kepala Lab Inovasi Divante.

Apa manfaat dari pendekatan yang berpusat pada pengguna di sektor farmasi?

Menempatkan pengguna di pusat konsep Apotek Masa Depan bermanfaat bagi semua pemain yang terlibat. Pertama dan terpenting, Divante membuat pengguna bertanggung jawab atas kesehatan mereka sendiri dan untuk kelangsungan informasi apotek. Tidak masalah jika pengguna berganti pusat medis atau pindah ke kota lain dan berbelanja di apotek yang berbeda setiap kali.

Kedua, pasien selalu memiliki akses ke riwayat pengobatan mereka dan dia dapat dengan mudah membagikannya dengan apoteker atau dokter dan memberi mereka gambaran yang lebih luas tentang kondisi medis. Dengan cara ini, spesialis dapat memberinya perawatan yang lebih baik.

Last but not least, divante menyertakan pendapat pasien dalam prosesnya, yang merupakan faktor penting dalam membangun kepercayaan antara petugas medis, apoteker, dan pasien.

Elemen kunci dan teknologi Apotek Masa Depan

Panel pengguna tingkat lanjut – aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan data perawatan, mengakses informasi tentang obat, memesan dan membeli obat, dan berkomunikasi dengan para ahli, baik dokter, apoteker, laboratorium, atau penjaga harian. Mudah diakses di semua perangkat.

Integrasi dengan apotek dan pusat kesehatan – di mana pasien dapat berbagi dan memperbarui riwayat pengobatan, mendapatkan saran tentang obat-obatan, menerima dan merealisasikan resep, dan kontak dengan para ahli.

Resep ditambahkan langsung ke profil pasien di Apotek Masa Depan.(DIvante.com)

Pencarian obat intuitif – dapat diakses baik melalui pemindai kode barcode atau pencarian teks yang, dihubungkan dengan Kecerdasan Buatan, memberikan informasi lengkap kepada pengguna tentang obat, ketersediaannya, dan kemungkinan interaksi dengan obat lain.

Integrasi dengan apotek online – di mana pasien dapat memperoleh resep obat

Integrasi dengan perusahaan pengiriman lokal – seperti Glovo, yang dapat memastikan membawa obat-obatan yang diperlukan pada hari yang sama.

Koneksi Internet of Things – pasien dapat mengumpulkan data tambahan mengenai kesehatannya, memesan obat atau produk medis baru, dan mendapatkan pembaruan tentang ketersediaan saat ini dan cukup membeli obat OTC dengan pilihan pengiriman yang fleksibel: pengiriman di hari yang sama, melalui mesin penjual otomatis, atau pengambilan di tempat.

Baca :  Algoritma Baru Dapat Mendeteksi Apotek Online Ilegal
Apotek masa depan dapat diintegrasikan dengan jam tangan pintar dan perangkat medis yang dapat membantu Anda melacak kesehatan Anda (Divante.com).

Dukungan Kecerdasan Buatan – yang menganalisis semua data dan membantu pasien menjaga kesehatannya baik melalui saran pemeriksaan berkala, pemberitahuan tentang hasil atau kebutuhan medis yang buruk, atau pemesanan ulang obat.

Apotek Masa Depan akan mengingatkan Anda tentang waktu minum obat.(DIvante.com)

“Apotek masa depan adalah arah yang sangat baik untuk membangun pengalaman pelanggan yang benar-benar baru. Pengalaman seperti itu, yang memfasilitasi pembelian dan perawatan pasien, akan memastikan tingkat keselamatan pasien yang jauh lebih tinggi. Yang sama pentingnya adalah bahwa mereka mengurangi beberapa biaya yang terjadi dalam model layanan pasien saat ini.” ujar Piotr Szawiec.

Alur pengguna aplikasi

Jika Anda ingin memahami konsep Apotek Masa Depan dengan lebih baik, ikuti langkah demi langkah pengguna. Kami telah membuat perjalanan pengguna untuk pasien diabetes yang baru saja terkena flu. Langkah-langkah terpenting di jalur ini terdiri dari:

  1. Mengunjungi dokter bila demam, batuk, dan flu – Dokter memiliki akses ke catatan lengkap perawatan diabetes melalui Apotek Masa Depan, memilih perawatan yang disesuaikan, dan menambahkan resep langsung di profil pengguna pasien.
  2. Membeli obat – Pengguna dapat segera memesan obat yang diresepkan dan mengambilnya di apotek atau mesin penjual otomatis dalam perjalanan pulang.
  3. Menindaklanjuti proses pengobatan di rumah – Apotek Masa Depan akan mengingatkan pasien tentang asupan obat pada waktu yang tepat dan melacak proses pengobatan yang tepat.
  4. Melacak kadar gula darah – Aplikasi paralel akan merekam data gula darah dari alat pengukur terintegrasi dan menyimpannya di aplikasi Farmasi Masa Depan. Pasien akan mendapatkan notifikasi di ponsel atau smartwatch tentang tren yang mengkhawatirkan, dan perlunya pemeriksaan berkala.
  5. Konsultasi dengan apoteker – Jika ada keraguan tentang dosis atau ketersediaan obat, pasien dapat langsung berkonsultasi dengan apoteker melalui chat, pesan, atau telepon.
  6. Pemesanan ulang dan pengiriman – Pasien dapat memesan ulang peralatan medis untuk memeriksa kadar gula darah melalui aplikasi atau bahkan speaker pintar dan pengiriman dilakukan oleh perusahaan kurir lokal pada hari yang sama.

Konsep Apotek Masa Depan didasarkan pada teknologi dan solusi yang tersedia yang telah digunakan di beberapa sektor; namun, realisasinya tergantung pada kondisi perundang-undangan saat ini. Baik hukum lokal maupun internasional mengontrol dan membatasi kemungkinan tertentu dari konsep ini, seperti akses terkontrol ke obat resep. Ini jelas, karena beberapa obat dapat berbahaya dan aksesnya harus dilindungi.

Meskipun demikian, karena wabah virus corona saat ini menunjukkan bahwa ada banyak bidang sektor medis dan farmasi yang dapat berhasil diatur dengan cara lain dan dapat menjadi landasan bagi apotek di masa depan.

Sumber : Pharmacy of the Future: a customer-centered online pharmacy concept https://www.divante.com/blog/pharmacy-of-the-future-a-customer-centered-online-pharmacy-concept

Share this:

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Kongres XXI IAI Untuk Praktek Profesi yang Berkualitas dan Kesehatan Masyarakat yang Paripurna

Majalah Farmasetika – JAKARTA-24 Juni 2022 – Sebagai agenda rutin yang dilaksanakan 4 tahun sekali, …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.