Jumlah Apoteker yang Bisa Berikan Resep Meningkat 3 Kali Lipat di Inggris

Majalah Farmasetika – Apoteker di Inggris bisa memberikan resep setelah teregistrasi sebagai apoteker resep indenpenden (Pharmacist independent prescribers (PIP)). Perpindahan status dari apoteker umum ke apoteker resep independen bukan hanya memiliki manfaat tetapi juga datang dengan tanggung jawab baru.

Dikutip dari Pharmaceutical Journal (14/4/2022), Apoteker Pemberi Resep Independen (PIP) dapat meresepkan obat apa pun untuk kondisi medis apa pun, termasuk obat tanpa izin, dengan tunduk pada regulasi praktik klinis yang baik. Mereka juga dapat meresepkan obat terkontrol jadwal 2, 3, 4, dan 5, termasuk diamorfin hidroklorida, dipipanon, dan kokain (untuk mengobati penyakit atau cedera organik, tetapi tidak untuk mengobati kecanduan)​.

Jumlah PIP terdaftar di Inggris meningkat lebih dari tiga kali lipat antara tahun 2016 dan 2020, dari 2.781 menjadi 8.806​ PIP. Di Wales saja, lebih dari 16.000 konsultasi telah disampaikan oleh PIP sejak 2016​​. PIP sekarang dipandang sangat penting untuk perawatan pasien sehingga pada tahun 2026, semua apoteker baru yang memenuhi syarat di Inggris Raya akan terdaftar sebagai pemberi resep​. Tambahan dana £3 juta juga telah diberikan untuk tahun 2022/2023 untuk meningkatkan tenaga kerja apoteker peresepan di sektor komunitas di Wales​​.

Peresepan independen telah memperluas peran apoteker di semua bidang praktik. PIP berbasis rumah sakit meresepkan di beberapa spesialisasi perawatan tersier, serta menggunakan keterampilan meresepkan mereka dalam peran yang lebih umum, seperti pengobatan akut dan pasca-akut. Dalam perawatan primer, PIP merawat kondisi akut dan kondisi kesehatan fisik dan mental jangka panjang. Di apotek komunitas, PIP telah ditugaskan untuk menyediakan layanan seperti klinik antikoagulasi dan klinik penyakit ringan. Apotek komunitas adalah sektor yang paling menantang untuk menerapkan layanan peresepan karena beberapa hambatan, termasuk kurangnya akses ke catatan, waktu, dan dukungan sebaya​.

Baca :  Pandemi COVID-19, FIB : Apoteker Berperan Penting, Perlu Diperhatikan Pemerintah

Meskipun demikian, bekerja sebagai PIP dapat memberikan kepuasan profesional dan kesempatan untuk membantu meningkatkan keselamatan dan hasil pasien​​. PIP adalah kontributor penting bagi tim multidisiplin (MDT), bekerja dengan profesional kesehatan lainnya untuk menyetujui perawatan pasien​​.

Ketika rezim pengobatan menjadi lebih khusus dan kompleks, peran PIP menjadi semakin penting dalam pemberian perawatan klinis berkualitas tinggi. Penggunaan PIP yang lebih besar dalam tim multi-disiplin akan memperluas akses pasien ke perawatan, meningkatkan kapasitas dalam sistem perawatan kesehatan, dan meningkatkan hasil kesehatan individu.

‘Kerangka kerja kompetensi untuk semua pemberi resep’, yang diterbitkan oleh Royal Pharmaceutical Society, menjelaskan praktik terbaik, di samping pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh individu untuk meresepkan dengan aman dan efektif​​.

Sumber

Becoming a pharmacist independent prescriber: eight tips for success https://pharmaceutical-journal.com/article/ld/becoming-a-pharmacist-independent-prescriber-eight-tips-for-success

Pharmacist Independent Prescribing https://www.rpharms.com/recognition/all-our-campaigns/pharmacist-prescribing

Share this:

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Terapi Baru dengan Transdermal Asenapine untuk Skizofrenia

Majalah Farmasetika – Sistem transdermal asenapine (HP-3070), lebih unggul daripada plasebo dalam mengurangi permusuhan terkait …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.