Konsumsi Antibiotik Selama Kehamilan Tingkatkan Risiko Asma dan Penyakit Atopik Lainnya pada Anak

Majalah Farmasetika – Anak-anak yang lahir dari ibu yang mengonsumsi antibiotik selama kehamilan mungkin memiliki peningkatan risiko asma pediatrik dan penyakit lain yang terlibat dalam perjalanan atopik, tinjauan sistematis dan laporan meta-analisis.

“Penggunaan antibiotik selama kehamilan secara signifikan terkait dengan perkembangan asma pada anak-anak. Selain itu, paparan antibiotik prenatal juga dikaitkan dengan gangguan yang ada dalam perjalanan atopik termasuk sensitisasi atopik, dermatitis/eksim, alergi makanan, rinitis alergi, dan mengi,” penulis utama studi Alissa Cait, PhD, dari Institut Penelitian Medis Malaghan di Wellington, Selandia Baru.

“Antibiotik menyumbang 80% dari obat yang diresepkan selama kehamilan, dan diperkirakan 20-25% wanita hamil menerima setidaknya satu antibiotik selama periode ini,” tambah mereka.

Para peneliti mengevaluasi paparan antibiotik prenatal dan risiko mengi atau asma pada masa kanak-kanak, serta penyakit yang terkait dengan pawai atopik, dengan mencari database medis standar untuk uji coba terkontrol dalam bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Belanda, atau Arab yang melibatkan penggunaan obat apa pun. antibiotik setiap saat selama kehamilan dan untuk kejadian penyakit atopik pada anak-anak dengan asma atau mengi sebagai hasil utama. Mereka mengecualikan ulasan, data praklinis, dan studi deskriptif.

Dari 6060 kutipan pencarian kembali, 11 prospektif dan 16 studi retrospektif memenuhi kriteria seleksi penulis. Untuk setiap studi, mereka mengevaluasi risiko bias menggunakan Skala Penilaian Kualitas Newcastle-Ottawa, dan mereka menilai kepastian bukti menggunakan protokol Grading of Recommendations Assessment, Development, and Evaluation (GRADE).

Studi yang diterbitkan antara 2002 dan 2020, dilakukan di Eropa, Amerika Utara, Asia, dan Amerika Selatan. Paparan antibiotik selama periode prenatal dinilai melalui kuesioner tanpa pengawasan, wawancara oleh profesional medis, atau ekstraksi dari database medis resmi.

Baca :  Panduan Baru Terapi Anti Nyeri untuk Wanita Hamil

Hasilnya menunjukkan bahwa

– Penggunaan antibiotik selama kehamilan dikaitkan dengan peningkatan risiko relatif mengembangkan mengi (RR, 1,51; 95% CI, 1,17 – 1,94) atau asma (RR, 1,28; 95% CI, 1,22 – 1,34) selama masa kanak-kanak.

– Penggunaan antibiotik selama kehamilan juga meningkatkan risiko eksim atau dermatitis pada anak (RR, 1,28; 95% CI, 1,06 – 1,53) dan rinitis alergi (RR, 1,13; 95% CI, 1,02 – 1,25).

– Alergi makanan meningkat dalam satu penelitian (RR, 1,81; 95% CI, 1,11 – 2,95).

Sumber

Antibiotics During Pregnancy May Increase Child’s Risk for Asthma and Other Atopic Diseases https://www.medscape.com/viewarticle/976097

Share this:

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Dosis Insulin Tinggi Dapat Tingkatkan Risiko Kanker pada Pasien Diabetes Tipe 1

Majalah Farmasetika – Untuk pasien dengan diabetes tipe 1, dosis insulin yang lebih tinggi dapat …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.