Kadar Antibodi Menurun Dalam 3 Bulan Setelah Covid-19 Booster

Majalah Farmasetika – Respons imun terhadap varian Omicron berkurang secara substansial dengan tingkat antibodi penetral menurun 2,4 hingga 5,3 kali lipat pada 3 bulan setelah dosis booster.

Meskipun penguat COVID-19 telah ditemukan untuk mendapatkan tingkat antibodi penetral yang tinggi terhadap varian Omicron, tingkat antibodi menurun secara substansial dalam waktu 3 bulan, menurut temuan yang diterbitkan dalam Cell Reports Medicine.

Sebagai bagian dari uji klinis yang dirancang untuk mengevaluasi respons imun dari waktu ke waktu, individu dalam penelitian ini menerima vaksin yang sama dengan seri utama mereka sementara yang lain menerima vaksin yang berbeda.

Kombinasi vaksin termasuk 2 dosis vaksin mRNA-1273, terpisah 28 hari dengan booster mRNA-1273 dalam kekuatan 100 mikrogram; 2 dosis vaksin mRNA-1273, terpisah 28 hari dengan booster mRNA-1273 dalam kekuatan 50 mikrogram; 1 dosis Ad26.COV2.S dengan vaksin yang sama dengan booster; 1 dosis Ad26.COV2.S dengan BNT162b2 sebagai booster; 2 dosis BNT162b2, diberikan 21 hari terpisah, dengan sama seperti booster; dan 2 dosis BNT162b2, diberikan 21 hari terpisah, dengan Ad26.COV2.S sebagai booster.

Hasil dari bagian penelitian ini, yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine, menunjukkan bahwa semua kombinasi vaksin primer dan booster menghasilkan peningkatan tingkat antibodi penetral pada individu yang menerimanya.

Sebagai bagian dari analisis baru, para peneliti melaporkan bahwa hampir semua kombinasi vaksin yang dievaluasi menimbulkan tingkat antibodi penetral yang tinggi terhadap sub-garis keturunan Omicron BA.1; namun, tingkat antibodi terhadap varian Omicron rendah pada kelompok yang menerima Ad26.COV2.S (Johnson & Johnson) sebagai vaksin primer dan booster.

Selain itu, respons imun terhadap varian Omicron di semua kelompok berkurang secara substansial, dengan tingkat antibodi penetral menurun 2,4 hingga 5,3 kali lipat pada 3 bulan setelah dosis booster.

Baca :  Deksametason Efektif Selamatkan Nyawa Pasien COVID-19, Obat Murah dan Banyak Tersedia

Selain itu, sub-garis keturunan Omicron BA.2 12.1 dan BA.4/5 masing-masing adalah 1,5 dan 2,5 kurang rentan terhadap penetralisir, dibandingkan dengan sub-garis keturunan BA.1. Untuk kedua linage, mereka juga 7,5 dan 12,4 kali lebih rentan dibandingkan dengan strain leluhur, masing-masing. BA.5 adalah varian dominan saat ini di Amerika Serikat.

Para penyelidik mengatakan bahwa temuan itu konsisten dengan laporan dunia nyata yang menunjukkan berkurangnya perlindungan terhadap COVID-19 selama gelombang Omicron pada individu yang menerima dosis utama dan booster. Respons imun terhadap sub-garis keturunan Omicron menunjukkan berkurangnya kerentanan terhadap subvarian yang muncul dengan cepat ini.

Data ini dapat digunakan untuk menginformasikan keputusan di masa depan mengenai rekomendasi jadwal vaksin, termasuk perlunya peningkatan vaksin varian.

Studi tambahan telah menunjukkan bahwa dosis booster kedua melindungi terhadap subvarian Omicron, termasuk hasil penelitian yang diterbitkan dalam Science dan sebuah studi yang dipimpin oleh CDC.

Rekomendasi saat ini dari CDC termasuk dosis booster kedua, vaksin keempat dalam seri 2 dosis, untuk individu yang berusia 50 tahun ke atas, serta mereka yang berusia 12 tahun ke atas yang mengalami immunocompromised sedang atau berat.

Referensi

  1. Respons imun yang diinduksi vaksin terhadap Omicron berkurang secara substansial dari waktu ke waktu. Rilis berita. Institut Kesehatan Nasional. 19 Juli 2022. Diakses 25 Juli 2022. https://www.nih.gov/news-events/news-releases/vaccine-induced-immune-response-omicron-wanes-substantially-over-time
  2. Penguat mRNA kedua secara signifikan efektif melawan varian Omicron, studi menemukan. Rilis berita. Harian Sains. 18 Juli 2022. Diakses 25 Juli 2022. https://www.sciencedaily.com/releases/2022/07/220718094524.htm
Share this:

About jamil mustofa

Avatar photo

Check Also

Etranacogene Dezaparvovec, Terapi Gen Baru untuk Hemofilia B

Majalah Farmasetika – Terapi gen berbasis vektor virus terkait adeno adalah terapi gen pertama yang …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.