Download Majalah Farmasetika

Sebabkan Kematian, BPOM Larang Adanya Dietilen Glikol dan Etilen Glikol dalam Obat Sirup

Majalah Farmasetika – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI resmi melarang penggunaan Dietilen Glikol (DEG) dan Etilen Glikol (EG) dalam semua produk obat sirup anak maupun dewasa sebagai bahan tambahan peningkat kelarutan (15/10/2022).

Hal ini dilakukan BPOM menindaklanjuti kasus sirup obat anak yang terkontaminasi Dietilen Glikol (DEG) dan Etilen Glikol (EG) di Gambia, Afrika yang menyebabkan lebih dari 60 orang anak meninggal dunia dikarenakan cedera ginjal akut.

Sirup obat untuk anak yang disebutkan dalam informasi dari WHO sebelumnya, terdiri dari Promethazine Oral Solution, Kofexmalin Baby Cough Syrup, Makoff Baby Cough Syrup, dan Magrip N Cold Syrup. Keempat produk tersebut diproduksi oleh Maiden Pharmaceuticals Limited, India.

BPOM menegaskan bahwa pengawasan secara komprehensif pre- dan post-market terhadap produk obat yang beredar di Indonesia terus dilakukan.

“Berdasarkan penelusuran BPOM, keempat produk yang ditarik di Gambia tersebut tidak terdaftar di Indonesia dan hingga saat ini produk dari produsen Maiden Pharmaceutical Ltd, India tidak ada yang terdaftar di BPOM.” Tegas BPOM dalam pernyataan resminya.

“Untuk memberikan perlindungan terhadap masyarakat, BPOM telah menetapkan persyaratan pada saat registrasi bahwa semua produk obat sirup untuk anak maupun dewasa, tidak diperbolehkan menggunakan dietilen glikol (DEG) dan etilen glikol (EG).” Lanjut BPOM.

“Sebagai langkah kehati-hatian, BPOM juga sedang menelusuri kemungkinan kandungan DEG dan EG sebagai cemaran pada bahan lain yang digunakan sebagai zat pelarut tambahan.” Tegas BPOM.

Share this:
Baca :  Temuan Baru BPOM! 7 Obat Anak Cair dari Afi Farma Mengandung Etilen Glikol

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi majalah populer. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Suplemen II Farmakope Indonesia VI Berisi Standar Pengujian Cemaran EG dan DEG dalam Sirup

Majalah Farmasetika – Pada awal Januari 2023, Kementrian Kesehatan merilis buku Suplemen II Farmakope Edisi …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.