Download Majalah Farmasetika

Suplemen II Farmakope Indonesia VI Berisi Standar Pengujian Cemaran EG dan DEG dalam Sirup

Majalah Farmasetika – Pada awal Januari 2023, Kementrian Kesehatan merilis buku Suplemen II Farmakope Edisi VI yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Farmakope Indonesia Edisi VI yang telah diterbitkan pada tahun 2020, terdiri dari 10 monografo baru, 4 monografi perubahan, dan 1 lampiran baru.

Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Lucia Rizka Andalucia,” menjelaskan bahwa Suplemen II Farmakope Indonesia VI disusun untuk melengkapi persyaratan mutu bahan obat dan sediaan obat cair oral (sirup) yang beredar di Indonesia dan menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidangm kefarmasian.

Suplemen II FI VI telah ditambahan dengan pengujian untuk beberapa bahan obat yang berisiko menghasilkan cemaran (impurities) etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) dalam sediaan obat cair oral. Mengingat etilen glikol berisiko menyebabkan toksisitas pada manusia maka persyaratan perlu ditambahkan.

“Suplemen II FI VI merupakan suatu standar yang digunakan untuk pengujian bahan obat dan untuk menjamin keamanan, khasiswa, dan mutu sediaan obat cair oral (sirup) dan bahan obat di Indonesia.” tertulis dalam kata pengantar Suplemen 2 FI VI ini.

Selengkapnya bisa dilihat di https://gudangilmu.farmasetika.com/e-book-suplemen-2-farmakope-indonesia-edisi-vi/

Share this:
Baca :  BPOM : 3 Penyebab Kasus Cemaran EG "Bahan Baku, Farmakope, & Farmakovigilan"

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi majalah populer. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

tablet morfin

Menavigasi Siklus Hidup Biosimilar: Pertimbangan Kunci untuk Penghematan Biaya Berkelanjutan

Majalah Farmasetika – Konferensi | Asembia Specialty Pharmacy Summit Dengan 50 produk biosimilar yang disetujui …

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.