Download Majalah Farmasetika

ChatGPT Berpotensi Merevolusi Cara Pemasaran Obat

Majalah Farmasetika – Saat industri farmasi berupaya merangkul solusi pemasaran digital, kemampuan kecerdasan buatan (AI) canggih ChatGPT siap untuk mengubah cara perusahaan terlibat dengan konsumen dan profesional perawatan kesehatan.

Daya tarik dengan kemungkinan yang ditawarkan oleh ChatGPT dan solusi bertenaga AI lainnya telah mencapai puncaknya dalam beberapa minggu terakhir karena Microsoft dan Google telah mengumumkan penawaran mesin pencari baru.

Sejak debutnya pada akhir tahun 2022, ChatGPT telah menangkap imajinasi masyarakat umum dan pemasar farmasi.

Sederhananya, ada banyak hal yang disukai tentang ChatGPT dan AI secara umum jika Anda seorang pemasar medis karena teknologinya telah lebih dari menunjukkan kemampuannya untuk membantu HCP, menawarkan kemampuan brainstorming untuk kampanye iklan, dan menurunkan biaya.

Faruk Capan, chief innovation officer di Eversana dan CEO Eversana Intouch, penerima penghargaan 100 Badan MM+M 2022, mengatakan bahwa ChatGPT menawarkan peluang bisnis yang menjanjikan bagi biro iklan medis baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Capan mengatakan bahwa bahkan dalam beberapa bulan sejak peluncurannya, Eversana Intouch telah menggunakan fungsionalitas ChatGPT untuk membantu perekaman video dan menulis skrip yang mematuhi peraturan medis yang ketat. Dia mencatat bahwa ini memadatkan proses yang biasanya dapat berlangsung berminggu-minggu menjadi berhari-hari atau bahkan berjam-jam.

Capan mengatakan bahwa dengan bersandar pada apa yang dapat dilakukan oleh AI, organisasi dapat menggunakan inovasi sebagai pembeda untuk bisnis mereka, mencatat bahwa “AI tidak akan menggantikan Anda, tetapi orang yang menggunakan AI akan menggantikan Anda.”

“Saya percaya ini tidak hanya akan mengubah pemasaran kesehatan atau farmasi, ini akan mengubah hidup kita,” katanya.

Membandingkan kemunculan ChatGPT dengan mempopulerkan Internet pada akhir 1990-an dan awal 2000-an, Capan mengatakan pasti ada beberapa orang yang skeptis terhadap potensi yang ditawarkan oleh alat bertenaga AI. Namun, meskipun mencatat bahwa teknologi tidak akan pernah sepenuhnya menggantikan hubungan manusia ke manusia, layanan seperti ChatGPT dapat meningkatkan cara agensi dan merek berinteraksi dengan publik.

Baca :  Kecerdasan Buatan Bisa Petakan Obat Kanker Paling Tepat untuk Setiap Pasiennya

“[ChatGPT] akan mengubah sains, ini akan mengubah cara kita berkomunikasi dan cara kita menjalani kehidupan sehari-hari,” katanya. “Saya percaya dalam jangka pendek, setidaknya, itu akan berubah secara gratis bagi kemanusiaan kita.”

Manoj Hariharaputhiran, manajer produk di ZoomRx, sebuah perusahaan konsultan kesehatan strategis, juga menyebut pengenalan alat AI seperti ChatGPT sebagai “perubahan luar biasa”.

Hariharaputhiran mengatakan dia optimis pada ChatGPT dalam hal meningkatkan pemasaran farmasi tetapi mencatat bahwa mungkin diperlukan waktu bertahun-tahun untuk kemajuan alat agar sesuai dengan ekspektasi industri yang lebih luas. Dia menambahkan bahwa itu akan melayani banyak aplikasi berbeda dalam hal membuat konten dan menganalisis data.

ZoomRx juga menerbitkan posting blog akhir bulan lalu yang merinci bagaimana perusahaan telah memasukkan ChatGPT ke dalam alat prediksi pesan gratis dan apa artinya bagi pemasar farmasi lainnya di masa mendatang.

“Meskipun eksperimen yang dijelaskan di sini hanyalah bukti konsep sederhana, ZoomRx sangat percaya pada potensi teknologi untuk meningkatkan pengambilan keputusan farmasi dan perawatan pasien,” tulis postingan blog tersebut.

Sementara itu, CMI Media Group, penerima penghargaan 100 Badan MM+M 2022 lainnya, juga bereksperimen dengan ChatGPT untuk memeriksa kasus penggunaan potensial dan meningkatkan kampanye.

Andrew Miller, EVP aktivasi digital di CMI Media Group, mengatakan kemungkinannya “bisa tidak terbatas” tetapi menambahkan bahwa masih banyak pertanyaan yang tersisa sebelum peluncuran alat yang lebih luas untuk pengembangan kampanye dapat dilakukan.

Meskipun itu tidak menghentikan organisasi lain untuk terjun lebih dulu ke dunia AI. Awal pekan ini, Doximity, salah satu platform digital terbesar untuk dokter, meluncurkan versi beta alat ChatGPT untuk penggunanya.

Mark Pappas, SVP inovasi di CMI Media Group, mengatakan bahwa sejauh menjadi pembuat selera industri, keputusan Doximity dapat memberikan kredibilitas lebih pada keefektifan alat ini untuk pemasar dan organisasi medis lainnya.

Baca :  Ketika ChatGPT Bahas Gaji Apoteker Indonesia vs Negara Lain

Satu pertimbangan penting untuk memahami ChatGPT juga mengakui bahwa itu bukan satu-satunya platform AI di luar sana yang dapat menguntungkan pemasar medis, menurut Pappas. Dia mengatakan agensi tersebut telah menerapkan fungsi penghasil suara dari alat AI untuk meningkatkan kampanye audionya dengan berbagai suara, aksen, dan dialek yang menarik bagi audiens tertentu.

Sumber

Can ChatGPT revolutionize pharma marketing? https://www.mmm-online.com/home/channel/can-chatgpt-revolutionize-pharma-marketing/

Share this:

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi majalah populer. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Veozah, Antagonis Reseptor NK3 Pertama yang Disetujui FDA Untuk Terapi Hot Flashes

Majalah Farmasetika – Pada tanggal 12 Mei 2023, Badan Pengawas Obat dan Makanan U.S. (FDA) …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.