Download Majalah Farmasetika

APTFI dan KIFI Bentuk Panitia Nasional Uji Kompetensi Mahasiswa Apoteker

Majalah Farmasetika – Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi (APTFI) bersama Kolegium Ilmu Farmasi Indonesia (KIFI) membentuk Panitia Nasional Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Apoteker Indonesia (UKMPPAI) periode Oktober 2023 – Maret 2024 yang akan menggantikan panitia PN UKMPPAI/UKAI sebelumnya.

Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan bersama nomor Nomor: 159/X/SK/APTFI/2023 Nomor: 09/SK/KIFI/2023 pada tanggal 19 Oktober 2023 dengan memperhatikan Hasil rapat Majelis APTFI pada hari Kamis 5 Oktober 2023 dan Hasil pertemuan koordinasi Pengurus APTFI dengan Pengurus KIFI pada hari Senin tanggal 9 Oktober 2023. SK bersama ini ditandatangani oleh Ketua APTFI, Yandi Syukri dan Ketua KIFI, Keri Lestari.

SK Pembentukan ini sesuai amanat Undang-undang RI no 17 tahun 2023 tentang Kesehatan pasal 213 bahwa mahasiswa bidang kesehatan pada akhir masa pendidikan vokasi dan profesi harus mengikuti uji kompetensi secara nasional (ayat l) dan uji kompetensi diselenggarakan oleh penyelenggara pendidikan bekerja sama dengan kolegium (ayat 2);

Uji kompetensi adalah pengukuran pengetahuan, keterampilan dan perilaku maka dilaksanakan dengan Metode Computer Based Test (CBT) untuk mengukur kemampuan kognitif (pengetahuan) dan Metode Objective Structure Clinical Examination (OSCE) untuk mengukur ketrampilan, sikap, nilai dan minat calon lulusan Program Studi Profesi Apoteker;

Selain itu, Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI) adalah asosiasi yang beranggotakan Perguruan Tinggi penyelenggara Program Studi Profesi Apoteker yang diberikan mandat oleh anggota majelis sebagai penyelenggara pendidikan untuk menyelenggarakan uji kompetensi. Sedangkan, Kolegium Ilmu Farmasi Indonesia (KIFI) merupakan kolegium yang dibentuk oleh Ikatan Apoteker Indonesia yang diberikan amanah untuk menyelenggarakan uji kompetensi yang bekerja sama dengan penyelenggara pendidikan.

Proses serah terima dari pengurus sebelumnya dilakukan pada tanggal 11-12 November 2023 di Hotel Grandaffam, Surabaya.

Baca :  Menkes Cabut SK Panitia Nasional Uji Kompetensi Bentukan KFN

Ketua PN UKAI sebelumnya, Endang Wahjuningsih, berpesan kepada PN UKMPPAI agar bisa meneruskan dan memperkuat pondasi yang sudah baik sebelumnya, serta menjaga kualitas lulusan mahasiswa apoteker Indonesia.

Presidium PN UKMPPAI baru, Budi Suprapti, menyampaikan terimakasihnya kepada panitia sebelumnya dan bertekad untuk mengawal Uji Kompetensi lebih baik lagi.

Berdasarkan informasi dari panitia, untuk agenda terdekat adalag Try Out CBT pada awal Januari 2024 dan OSCE pada awal Februari 2024.

Share this:

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi majalah populer. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

FDA telah menyetujui 2 metode administrasi baru untuk tablet obat antikejang (ASM) cenobamate (Xcopri; SK Biopharmaceuticals).

Majalah Farmasetika – Obat ini ditujukan untuk pasien dewasa dengan kejang parsial, dan kini obat …

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.