15 hindari stress

15 Cara Ilmiah yang Telah Terbukti Bisa Mengatur dan Menghindari Stress

15 Cara Ilmiah yang Telah Terbukti Bisa Mengatur dan Menghindari Stress. Tanpa disadari, stress dapat memicu berbagai penyakit yang pada ujungnya harus mengambil tindakan pengobatan. Sebelum hal ini terjadi atau untuk mengatur stress yang telah dialami, business insider memberikan 15 tips yang telah terbukti secara ilmiah.

  1. Menulis dan merencanakan kegiatan

Dengan membuat segala sesuatu yang terencana, maka akan lebih fokus apa yang akan dilakukan selanjutnya.

2. Mengambil nafas dalam-dalam

Selalu berusaha untuk santai dengan cara mengambil nafas dalam-dalam. Hal ini bisa mengaktivasi tubuh kedalam suasana relax.

3. Skala prioritas

Selain menulis rencana, ekspektasi yang tidak realistis menjadi salah satu faktor yang membuat pikiran stress. Buatlah skala prioritas dari yang bisa dilaksanakan sampai mustahil untuk terlaksana.

4. Ketahuilah gejala yang menandakan stress

Menjadi pemarah, lelah, dan sakit kepala adalah beberapa tanda telah munculnya stress pada diri anda. Saatnya menyadari hal itu.

5. Perencanaan keuangan yang tepat

Uang adalah sumber utama timbulnya stress. Selain perencanaan kegiatan yang akan dilaksanakan, merencanakan pengeluaran juga penting dilakukan.

6. Konsumsi makanan yang wajar

Biasakan konsumsi makanan yang seimbang dan bergizi. Dengan komposisi 4 sehat 5 sempurna akan menjaga tubuh dari kondisi stress.

7. Tertawa adalah penting

Penelitian membuktikan bahwa tertawa bisa menekan terjadinya stress. Selain tertawa, melakukan olahraga seperti yoga dan membaca juga dapat mengurangi stress.

8. Berbicara dengan teman

Mengungkapkan isi hati adalah salah satu cara lainnya dalam mengurai stress. Survey di Amerika membuktikan bahwa 43% penduduk Amerika tanpa adanya dukungan emosional yang berimbas peningkatan kondisi stress.

9. Mendengarkan musik yang sesuai

Penelitian lainnya melaporkan bahwa dengan mendengarkan musik alam atau musik klasik bisa menurunkan tingkat stress.

10. Beraktivitas khusus untuk kesehatan jantung

Melakukan aktivitas khusus untuk kesehatan jantung seperti berolahraga dapat membuat keluarnya hormon endhorpin yang bisa membuat diri kita menjadi lebih merasa senang dan menurunkan ketegangan.

11. Tidur yang cukup

Penelitian pada tahun 2012 membuktikan bahwa tidur yang cukup bisa menghilangkan stress.

12. TIdur sesaat

Tidur sesaat seperti tidur siang bisa menurunkan kadar hormon yang berkaitan dengan stress yakni cortisol.

13. Keluar dari masalah yang membuat stress

Setelah mengetahui apa masalah yang membuat stress, berusahalah untuk keluar dan berhenti sejenak dari permasalahan anda.

14. Hadapi dan lawan masalah yang membuat stress

Setelah berhenti sejenak, jangan biarkan permasalahan berlarut-larut karena itu akan berpotensi menjadi stress kronik, yang akan berkontribusi menjadi depresi dan kegelisahan.

15. Berkonsultasi kepada tenaga kesehatan profesionalyang terpercaya

Dengan berkonsultasi kepada APoteker atau Dokter yang mengetahui permasalahan pemicu stress secara ilmiah, maka akan menurunkan perasaan stress. Hal ini terbukti di Amerika 1 dari 3 orang terkena stress karena tidak pernah berkonsultasi.

Berikut dalam bentuk gambar

15 hindari stress

Sumber : http://www.businessinsider.com/ways-to-manage-stress-according-to-scientists-2016-1

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Dapat 2 SKP, IAI Ajak Apoteker Gunakan Frame Pembatas dengan Pelanggan

Majalah Farmasetika – Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) merilis program Pengabdian Kepada Masyarakat …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.