8 Sejarah Asal Usul Obat yang Bisa Membuatmu Tercengang

8 Sejarah Asal Usul Obat yang Bisa Membuatmu Tercengang. Beberapa obat yang saat ini digunakan dan berguna untuk menyembuhkan jutaan manusia ternyata memiliki sejarah yang panjang.

1. Asam salisilat

asam salisilat

Prekursor dari aspirin ini diisolasi dari kulit Dedalu atau Gandarusa (willow bark) di tahun 1874. Pada zaman romawi kuno, tanaman yang mengandung salisilat biasa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan demam.

2. Quinine

kina

Obat antimalaria ini dipisahkan dari cinchona (china bark). Saat ini tetap sebagai obat antimalaria yang hampir berumur 400 tahun setelah penemuannya.

3. Antibiotik

antibiotik

Selman Waksman pertama kali menggunakan kata “antibiotik” sebagai kata benda pada tahun 1941 untuk menggambarkan setiap molekul kecil yang dibuat oleh mikroba yang antagonis pertumbuhan mikroba lainnya. Dari tahun 1945 sampai tahun 1955, pengembangan penisilin yang dihasilkan oleh jamur-bersama dengan streptomisin, kloramfenikol, tetrasiklin dan-yang diproduksi oleh tanah bakteri-membantu mengobati banyak infeksi bakteri umum.

4. Morfin

morfin

Sintesis morfin pada tahun 1803 oleh apoteker Friedrich Sertürner dari Jerman. Di pertengahan abad ke-19 mulai ditemukan jarum suntik dan penggunaan morfin mulai dalam bentuk injeksi sebagai pereda nyeri selama Perang Saudara Amerika, dan menimbulkan peristiwa kecanduan morfin untuk pertama kalinya.

Pada tahun 1895, Heinrich Dreser mulai menemukan heroin di Jerman ketika bekerja di perusahaan Bayer, yang mulai memasarkan obat di 1898. Pada awal 1900-an, heroin dipandang sebagai solusi untuk masalah kecanduan morfin.

5. Heparin

heparin

Efek antikoagulan heparin ditemukan oleh Jay McLean pada tahun 1915 ketika ia sedang mencari prokoagulan untuk hati anjing.

6. Dicumarol

dicumarol

Karl Paul Tautan berhasil mengidentifaksi antukoagulan dicumarol dari tanaman perdu Melilotus officinalis pada tahun 1939 sebagai agen penyebab penyakit gangguan perdarahan pada sapi.

7. Hirudin

hirudin

Ekstrak hirudin dari lintah obat pertama kali digunakan untuk antikoagulasi parenteral di klinik pada tahun 1909, tetapi penggunaannya terbatas karena efek samping dan kesulitan dalam mencapai ekstrak yang sangat murni.

8. Insulin

insulin

Penemuan insulin hampir tidak akan pernah ada. Pada tahun 1920, John McLeod, kepala Universitas departemen fisiologi Toronto, menolak penemu insulin Frederick Banting untuk memberikan ruang laboratoriumnya.

Sumber :
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Dedalu
2. https://en.wikipedia.org/wiki/Salicylic_acid
3. https://en.wikipedia.org/wiki/Melilotus
4. https://en.wikipedia.org/wiki/Quinine
5. http://www.pharmacytimes.com/contributor/alex-barker-pharmd/2016/03/8-shocking-drug-origin-stories/

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Dapat 2 SKP, IAI Ajak Apoteker Gunakan Frame Pembatas dengan Pelanggan

Majalah Farmasetika – Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) merilis program Pengabdian Kepada Masyarakat …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.