Ненецкий автономный округ (Российская Федерация) E-health is improving health services across the WHO European Region, including for nomadic populations in the Nenets Autonomous Okrug, Russian Federation.
Ненецкий автономный округ (Российская Федерация) E-health is improving health services across the WHO European Region, including for nomadic populations in the Nenets Autonomous Okrug, Russian Federation.

WHO : e-Health Tingkatkan Pelayanan Kesehatan di Eropa

WHO : E-Health Tingkatkan Pelayanan Kesehatan di Eropa. Era teknologi informasi telah merembet ke dunia kesehatan. Word Health Organization Eropa melaporkan kegiatan yang telah dan akan dilakukannya mengenai program Electronic Health (e-Health).

E-health adalah suatu konsep yang luas, yang didefinisikan sebagai penggunaan sarana elektronik atau teknologi digital untuk menyampaikan informasi, sumber daya dan layanan yang terkait dengan kesehatan. Banyak hal yang termasuk dalam e-health ini, seperti:

  • Catatan kesehatan elektronik (rekam medik), Mobile Health (kesehatan dengan teknologi mobile) atau m-health (misalnya aplikasi, teknologi, alat kesehatan);
  • telehealth atau telemedicine (contohnya pasien dapat berkonsultasi dengan petugas kesehatan di komputer, tablet atau ponsel);
  • e-learning kesehatan (penggunaan teknologi dan media untuk pelatihan dan mendidik khalayak yang lebih luas dan tenaga kerja kesehatan);
  • Media sosial untuk kesehatan (informal saluran komunikasi sosial online);
  • Analisis data kesehatan (transformasi data untuk memberikan wawasan dan bukti keputusan dan pembuatan kebijakan)
Ненецкий автономный округ (Российская Федерация) E-health is improving health services across the WHO European Region, including for nomadic populations in the Nenets Autonomous Okrug, Russian Federation.
Ненецкий автономный округ (Российская Федерация)
E-health is improving health services across the WHO European Region, including for nomadic populations in the Nenets Autonomous Okrug, Russian Federation.

WHO melaporkan data terbaru yang memberikan gambaran tentang perkembangan dan manfaat menggunakan e-health, dengan 29 kasus dari seluruh Daerah di Eropa. Berikut adalah beberapa laporannya :

Memperbaiki perjanjian waktu konsultasi di negara bekas Republik Yugoslavia Makedonia

Sebelum 2011, pasien di Skopje mengalami waktu tunggu yang lama untuk melihat dokter dan memiliki tes diagnostik. The MojTermin (My Time) merupakan sistem memungkinkan untuk menentukan janji secara online dan menerima pengingat pesan teks dan untuk pengambil keputusan untuk mengakses dashboard untuk melihat arahan, resep dan permintaan secara real time.

MojTermin juga mengintegrasikan catatan kesehatan elektronik dan kartu kesehatan. Sistem ini sangat sukses dalam mengurangi waktu tunggu yang cepat berkembang dari sebuah proyek percontohan untuk menjadi bagian penting dari perawatan kesehatan publik dan swasta di bekas Republik Yugoslavia Makedonia.

Membantu pasien dengan kondisi langka

RareConnect adalah komunitas pasien online yang menghubungkan pasien dengan kondisi langka, keluarga mereka dan mereka yang terlibat dalam perawatan mereka. Ini juga merupakan platform dukungan sebaya, yang memungkinkan para profesional yang mengobati penyakit langka untuk bertukar informasi dan pengalaman pengobatan, prognosis, gejala dan strategi, sehingga mempromosikan hubungan penelitian dan bangunan di kalangan profesional perawatan kesehatan di berbagai negara.

Sebuah survei anggota menunjukkan bahwa 76% dari pasien menganggap bahwa mereka memahami kondisi mereka lebih baik, 72% merasa bahwa lebih mampu mengatasi masalah mereka, 41% anggota dengan infeksi HIV melaporkan bahwa mereka telah mengurangi perilaku berisiko, dan 22% dengan suasana hati gangguan menemukan bahwa mereka membutuhkan perawatan kurang inap setelah menggunakan situs ini.

Sistem catatan kesehatan elektronik nasional pertama

Estonia meluncurkan sistem catatan elektronik pada tahun 2008, menjadi negara pertama di dunia yang sepenuhnya menerapkan sistem tersebut secara nasional, dengan catatan yang meliputi riwayat kesehatan individu dari lahir sampai mati. Pada tahun 2009, Estonia digunakan pertukaran informasi kesehatan untuk meng-upload semua dokumen medis ke dalam sistem.

e-health ini didukung oleh undang-undang: Estonia’s Health Information System Act (2007) dan Undang-Undang Peraturan Pemerintah Pertukaran Informasi Kesehatan (2008). Informasi tentang kesehatan 1,35 juta orang (98% dari populasi) sekarang dalam sistem, dan akun e-resep untuk 98% dari semua resep yang dikeluarkan. Sistem catatan elektronik merupakan bagian dari e-Estonia atau pelayanan publik elektronik yang lebih luas, selain e-kesehatan, termasuk e-pajak, e-learning, dan e-pemilu.

Pelatihan mahasiswa kedokteran dalam menggunakan multibahasa, virtual, pasien simulasi

Sebuah proyek untuk penggunaan multibahasa, virtual, pasien simulasi dalam pendidikan kedokteran di seluruh Eropa menyediakan fleksibilitas yang lebih besar dalam belajar. Inisiatif, yang mencakup 11 negara di Daerah, melibatkan penciptaan multibahasa, virtual, simulasi “pasien” yang merespon dan berperilaku dengan cara yang sama sebagai pasien nyata terlihat dalam pengaturan perawatan primer.

Hal ini dapat digunakan oleh mahasiswa kedokteran di berbagai negara dengan bahasa yang berbeda. Sistem ini mensimulasikan sebuah wawancara klinis dengan pasien maya menyajikan dengan gejala satu atau kombinasi dari penyakit. Selama wawancara, ia dapat mengekspresikan suasana hati, yang dapat disesuaikan dengan baik penyakit simulasi pasien virtual dan perilaku siswa. skenario bermain peran tersebut tidak hanya membantu siswa untuk mendeteksi penyakit, tetapi juga menambah pengajaran keterampilan komunikasi dan mengurangi ketergantungan pada aktor, penggunaan yang dapat memakan waktu dan mahal.

Memperluas layanan melalui e-health di Rusia

Telemedicine sudah mapan di Rusia; Namun, tantangan termasuk melanjutkan pengembangan profesional dan menetapkan kerangka hukum untuk pelayanan kesehatan masih memilki masalah.

Kolaborasi dilembagakan antara Pusat Norwegia untuk Perawatan Terpadu dan Telemedicine dan Nenetsia untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi penduduk terpencil dan nomaden, termasuk penggunaan telemedicine untuk promosi kesehatan dan juga untuk pencegahan dan deteksi dini penyakit, misalnya dengan mengatur janji medis untuk penggembala rusa nomaden ketika mereka tinggal di desa-desa. inisiatif lain termasuk petugas kesehatan mendorong untuk menggunakan teknologi dan mendidik, merekrut dan melibatkan karyawan baru. Proyek ini juga membahas penggunaan teknologi untuk memantau kesehatan ibu hamil dan bayi di tahun pertama kehidupan, sehingga mengurangi perjalanan panjang ke klinik.

Oleh karena itulah farmasetika.com hadir untuk menyediakan informasi di komunitas farmasetika di Indonesia. Situs pertama di Indonesia yang mendukung E-Health.

Sumber : http://www.euro.who.int/en/data-and-evidence/news/news/2016/01/e-health-in-practice

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Dapat 2 SKP, IAI Ajak Apoteker Gunakan Frame Pembatas dengan Pelanggan

Majalah Farmasetika – Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) merilis program Pengabdian Kepada Masyarakat …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.