kimbo slice

Kematian Kimbo Slice Mengingatkan Bahaya Overdosis Anabolik Steroid

e-farmasetika – 12/6/2016. Amerika. Penyebab kematian petinju legendaris tarung bebas UFC (Ultimate Fighting Championship) Kimbo Slice, mantan seorang security yang awalnya terkenal dari video tarung jalanan melalui youtube membuat banyak spekulasi dari media dan fans terutama atas penggunaan obat anabolik steroid.

Ciri khas Kimbo memiliki perawakan yang atletis, berkulit hitam berjanggut dengan menggunakan gigi emasnya. ESPN melaporkan bahwa hasil diagnosa memperlihatkan adanya kelainan pada jantungnya, Kimbo ternyata diketahui memiliki riwayat penggunaan steroid anabolik dan telah diuji positif untuk penggunaan nandrolone.

Meskipun penggunaan anabolik steroid terkait dengan penyakit kardiovaskular (cardio vaskular disease/CVD), hingga kini (9/6) belum dikukuhkan sebagai penyebab kematian, itu tidak mengangkat isu zat yang dilarang dan keselamatan atlet, dan juga menyoroti potensi bahaya penggunaan steroid anabolik luar pengawasan kesehatan profesional.

Pengeluaran obat anabolik steroid harus sepenuhnya dikendalikan oleh apoteker. Oleh karena itu, penting bagi apoteker untuk menyadari efek jangka panjang obat ini bahkan ketika mereka sedang mengkonsumsinya.

Banyak steroid anabolik yang molekuler mirip dengan testosteron androgen endogen. Contoh steroid anabolik resep termasuk nandrolone, metiltestosteron, dan danazol. Obat ini dapat digunakan secara sah untuk mengobati kondisi seperti anemia, dan hipogonadisme.

Pasien yang membutuhkan agen-agen ini bisa mendapatkan keuntungan besar dari penggunaan mereka, tetapi steroid anabolik juga dapat disalahgunakan. Penggunaan tanpa pengawasan atau terlarang androgen anabolik oleh mereka yang mencari untuk membangun otot cepat untuk alasan estetika atau kompetitif yang dapat memiliki efek samping jangka pendek dan panjang yang dramatis.

Efek samping jangka pendek penggunaan overdosis steroid anabolik mungkin termasuk perubahan suasana hati, acne vulgaris, pengurangan ukuran gonad, dan ginekomastia. Efek jangka panjang sering termasuk efek neuropsikiatrik, hipertrofi prostat, dan gagal jantung.

Baca :  Pemerintah AS Beri Kewenangan Apoteker Untuk Melakukan Tes COVID-19

Penggunaan steroid anabolik kronis dapat menyebabkan hipertrofi ventrikel kiri, kardiomiopati, hipertensi, dan aterosklerosis, antara lain. Efek karidiovaskular samping dapat bertahan bahkan setelah berhenti individu mengambil steroid anabolik, dan mereka dapat meningkatkan risiko kejadian kardiovaskular serius seperti infark miokard.

Banyak pasien yang mengambil steroid anabolik tanpa pengawasan medis tidak menyadari konsekuensi kesehatan jangka panjang yang serius, bahkan dengan durasi sederhana digunakan. Satu studi menemukan orang yang menggunakan steroid anabolik menampilkan tingkat kematian 4,6 kali lipat lebih tinggi daripada kelompok kontrol. penyakit arteri koroner, hypertrophic cardiomyopathy, dislipidemia, dan hipertensi terlihat di banyak sukarelawan.

Apoteker berada dalam posisi yang unik untuk mendidik pasien tentang potensi penyalahgunaan steroid anabolik dan bagaimana untuk mengambil tindakan pencegahan yang tepat untuk mencegah hal itu. Apoteker juga dapat memainkan peran dalam mendidik penyedia layanan kesehatan lain pada risiko penggunaan steroid anabolik untuk mengobati pasien yang sudah terlanjur menggunakan.

Mirisnya saat ini penjualan anabolik steroid di Indonesia dengan mudahnya ditemukan secara online, tentunya patut menjadikan perhatian bagi BPOM RI.

Sumber : http://www.pharmacytimes.com/contributor/erik-hefti-pharmd-ms/2016/06/death-of-mma-fighter-kimbo-slice-highlights-dangers-of-anabolic-steroid-abuse

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Studi Buktikan Mutasi Virus Corona Tak Sebabkan COVID-19 Lebih Parah Tapi Cepat Menular

Majalah Farmasetika – Sebuah studi besar menunjukkan bahwa varian virus korona baru yang mungkin lebih …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.