oksikodon
pic : freedigitalphotos.net

FDA Setujui Kapsul Anti Nyeri Sekelas Morfin dengan Teknologi Rilis Diperpanjang

Majalah Farmasetika (V1N6-Agustus 2016). Perusahaan farmasi Pfizer hari ini (22/8) mengumumkan bahwa US Food Drug and Administration (US FDA) telah menyetujui kapsul rilis diperpanjang/extended-release Troxyca ER (oksikodon hidroklorida dan naltrexone hidroklorida) untuk manajemen nyeri cukup parah yang membutuhkan asupan harian, pengobatan opioid jangka panjang dan untuk pilihan pengobatan alternatif yang sudah tidak memadai.

Kapsul Troxyca ER memiliki pelet yang berisi oksikodon hidroklorida opioid agonis, yang dikombinasikan dengan naltrexone hidroklorida, antagonis opioid lainnya.

Oxycodone adalah obat analgesik sintetis golongan narkotik/opiat yang efeknya mirip dengan morfin. Naltrexone adalah obat yang membalikkan efek opioid dan digunakan terutama dalam pengelolaan ketergantungan alkohol serta ketergantungan opioid.

Seketika kapsul ini dikonsumsi naltrexone belum dilepaskan dan pasien segera menerima extended-release oksikodon. Studi menunjukkan bahwa ketika pelet hancur, naltrexone akan dilepaskan yang mampu melawan efek dari oxycodone.

Dua orang penasihat komite FDA mendukung persetujuan Troxyca untuk manajemen nyeri yang parah.

Kepala medis dari kedokteran internal Pfizer, Rory O’Connor mengatakan: “otoritas kesehatan publik dan regulator telah mendorong pengembangan pengobatan yang lebih sulit untuk disalahgunakan, namun mampu menawarkan bantuan sakit untuk pasien yang tepat bila digunakan seperti yang ditunjukkan.”

“Pengembangan obat ini dengan sifat kejeraan dalam penyalahgunaan obat adalah contoh lain dari komitmen berkelanjutan kami untuk memajukan ilmu pengetahuan dan pengobatan pasien dengan kondisi sakit.”

Pfizer memperingatkan bahwa Troxyca ER mengekspos pasien dan pengguna lain untuk risiko kecanduan dan penyalahgunaan opioid yang dapat mengakibatkan overdosis dan kematian.

Perusahaan mencatat bahwa faktor risiko pasien harus dievaluasi sebelum meresepkan Troxyca ER, dan mereka harus dipantau secara teratur untuk pengembangan perilaku atau kondisi yang disebutkan di atas.

Sumber :

  1. http://regulatoryaffairs.pharmaceutical-business-review.com/news/fda-approves-pfizers-troxyca-er-extended-release-capsules-for-pain-management-220816-4984760
  2. http://www.pharmafile.com/news/506547/fda-approves-pfizer-s-abuse-deterrent-opioid-painkiller
  3. https://en.wikipedia.org/wiki/Oxycodone
  4. https://en.wikipedia.org/wiki/Naltrexone
Share this:
Baca :  7 "Trend" yang Akan Terjadi di Industri Farmasi secara Global pada Tahun 2017

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Abrocitinib, Obat Baru Sehari Sekali untuk Dermatitis Atopik

Majalah Farmasetika – Di seluruh uji coba, abrocitinib menunjukkan profil keamanan yang konsisten dan peningkatan …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.