Obat Kombinasi Baru SGLT2 dan DPP-4 Untuk Diabetes Tipe 2 Diluncurkan di Eropa

Pemerintah Australia Luncurkan Program Percobaan Screening Diabetes di Apotek

farmasetika.com – Pemerintah Australia melalui Menteri Kesehatan, Sussan Ley, hari ini (14/11) telah meluncurkan program percobaan screening diabetes di Apotek (Pharmacy Diabetes Screening Trial).

The Pharmacy Guild (badan nasional farmasi komunitas di Australia) menyambut peluncuran ini yang merupakan bagian dari Perjanjian Keenam dari proyek komunitas farmasi sebesar 50 juta dollar australia untuk program uji coba farmasi komunitas.

“Memperluas peran apoteker di masyarakat dalam perawatan kesehatan primer akan membantu lebih banyak orang Australia untuk pengujian diabetes tipe 2. ” ujar Menteri Kesehatan Australia, Sussan Ley MP dikutip dari ajp.com.au. (14/11/2016).

Percobaan ini akan berlangsung dalam beberapa minggu ke depan, dan akan melihat 363 apotek yang dipilih secara acak di seluruh Australia dimana menguji efektivitas pendekatan yang berbeda dalam deteksi diabetes. Pasien yang berusia 35-74 tahun, tanpa diabetes atau gangguan kontrol gula darah, dan tidak melakukan pengujian untuk diabetes dalam 12 bulan sebelumnya.

Uji coba ini melibatkan tiga model alternatif skrining populasi umum untuk mendeteksi risiko, membantu diagnosis dan memungkinkan intervensi awal untuk mencegah perkembangan diabetes dan komplikasinya. Berdasarkan hasil screening, pasien kemudian akan dirujuk ke dokter mereka untuk tindak lanjut.

Diabetes tipe 2 biasanya berkembang pada orang dewasa di atas usia 45 tahun, namun hal ini menjadi semakin umum dalam kelompok usia muda, khususnya untuk ras Australia dan mereka yang memiliki riwayat keluarga diabetes. Prevalensi diabetes saat ini lebih dari 4%, dan tumbuh dengan cepat. Diperkirakan ada empat kasus terdiagnosis setiap lima kasus didiagnosis di Australia.

Uji coba ini merupakan kolaborasi antara Pharmacy Guild of Australia, University of Sydney dan Deakin University.

Program farmasi komunitas ini didanai oleh Pemerintah Federal, yang termasuk program-program baru dan memperluas percobaan yang berusaha untuk meningkatkan hasil klinis bagi konsumen dan / atau memperpanjang peran apoteker dalam pelayanan kesehatan primer melalui apotek komunitas/masyarakat.

Baca :  FDA Mulai Investigasi Metformin Mengandung Zat Karsinogenik NDMA

Sumber : https://ajp.com.au/news/diabetes-trial-launches/

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

BPOM : Industri Farmasi Harus Lakukan Studi Keamanan Pasca Pemasaran Darurat Obat/Vaksin COVID-19

Majalah Farmasetika – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebagai regulator obat dan vaksin di …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.