Home / Berita / Mahasiswa Farmasi UMB Ciptakan Kapsul Antiradang dari Daun Cincau

Mahasiswa Farmasi UMB Ciptakan Kapsul Antiradang dari Daun Cincau

Farmasetika.com – Banyaknya tumbuh-tumbuhan di Indonesia yang bisa digunakan sebagai obat-obatan dimanfaatkan baik oleh Mahasiswa Farmasi Universitas Muhamamdiyah Bandung (UMB).

Seperti penelitian yang dilakukannya melalui daun cincau hijau yang mana banyak diyakini masyarakat dapat mengurangi pembekakan dengan cara ditumpuk atau direbus.

Melalui cincau hijau inilah tiga mahasiswa Farmasi UMB yang terdiri dari Fitria Wulandari, Fitri Wahyu, dan Khusnul Rizaldi berhasil menjadikan daun cincau hijau (Cylea Barbata Miers) menjadi kapsul antiinflamasi setelah lolos dalam Progam Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti tahun 2019.

Adapun khasiat kapsul hasil penelitian mahasiswa Farmasi UMB ini dapat berkhasiat untuk meredakan nyeri, mengurangi peradangan yang ditandai dengan kulit kemerahan, terasa hangat, dan bengkak.

Seperti dijelaskan Khusnul Rizaldi, salah satu mahasiswa yang terlibat dalam penelitian ini, dalam daun cinau hijau banyak mengandung flavonoid sebagai bahan dasar antiinlamasi. “Nah adapaun antiinlamasi ini berupa anti peradangan, anti pembengkakan,” jelas Khusnul, pada Selasa (18/6).
Dijelaskan pula oleh Khusnul, selama ini ada dua jenis daun cincau yang dikenal di masyarakat Indonesia yaitu, Cyclea barbata Miers dan Premna oblongifolia yang biasa dibuat es cincau. Daun yang pertama inilah yang diajukan sebagai bahan penelitian.
“Sayangnya daun cincau yang banyak tumbuh di sekitar bandung untuk es cincau, makanya kami dalam penelitian ini mendatangkan daun cincau Cyclea barbata Miers dari Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan,” jelasnya.

Sementara itu, Fauziah Ningrum, Dosen Farmasi UM Bandung menggungkapkan rasa bangganya atas penelitian mahasiswa faramasi. “Tim ini merupakan tim pertama dari UM Bandung yang lolos PKM sejak tiga tahun berdirinya. Sebuah kebanggaan bagi UM Bandung dapat sejajar dengan kampus PTN dan PTS lainnya lolos dalam PKM tingkat nasional. Walau laboratorium Farmasi di UM Bandung belum lengkap bukan menjadi hambatan bagi mereka,” ungkap Fauziah.

Baca :  Mahasiswa Farmasi Berhasil Kembangkan Metode Baru Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Radiofarmaka

Sumber : Inovasi Mahasiswa Farmasi UM Bandung Manfaatkan Daun Cincau sebagai Kapsul Anti Inflamasi http://muhammadiyah.or.id/id/news-16944-detail-inovasi-mahasiswa-farmasi-um-bandung-manfaatkan–daun-cincau-sebagai-kapsul-anti-inflamasi.html

Share this:
  • 1K
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1K
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

menkes izin edar obat

Netizen Mulai Isi Petisi Tolak Kemenkes Ambil Alih Izin Edar Obat dari BPOM

Farmasetika.com – Lembaga Independen Pemantau Obat dan Makanan Indonesia (LIPOMI) dan Permerhati Keamanan dan Mutu …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar