Gambar oleh Vesna Harni dari Pixabay

Obat Arthritis Tocilizumab Turunkan Tingkat Kematian Pasien COVID-19 dengan Ventilator

Majalah Farmasetika – Menurut hasil penelitan terbaru, Obat rheumatoid arthritis tocilizumab dapat mengurangi tingkat kematian pada pasien coronavirus dengan ventilator.

Studi pengamatan tunggal pertama yang dilakukan oleh para peneliti di University of Michigan, dan diterbitkan dalam Clinical Infectious Diseases, menemukan bahwa tocilizumab dikaitkan dengan pengurangan 45% dalam risiko kematian dan peningkatan status.

Penelitian ini melibatkan 78 pasien coronavirus yang menerima obat dibandingkan dengan 76 yang tidak, dari 9 Maret dan 20 April. Selain tingkat kematian yang lebih rendah dan juga mengurangi tingkat kematian kasus di 28 hari.

Para penulis penelitian menyimpulkan: “Data ini menggembirakan dan dapat membantu untuk menginformasikan praktik klinis sementara hasil dari uji coba terkontrol acak dari IL-6 inhibitor ditunggu.”

Dalam penelitian lain dari para peneliti di Milan, yang diterbitkan dalam Journal of Infection, menemukan bahwa obat itu mengurangi separuh tingkat kematian pasien coronavirus dibandingkan dengan perawatan standar. Namun hal itu memperpanjang tinggal di rumah sakit.

Studi ini membandingkan hasil dari 74 pasien coronavirus yang diobati dengan obat dibandingkan dengan 148 yang cocok dengan kontrol. Sementara pasien dengan gejala virus yang kurang parah tidak mendapatkan banyak manfaat, mereka yang sakit kritis juga.

“Studi ini mengkonfirmasi potensi efektivitas [tocilizumab] pada COVID-19 – terutama pada pasien yang sakit kritis – dengan kelompok pembanding yang andal yang memungkinkan untuk menimbang dampak klinis potensial dari perawatan ini,” catat para penulis.

“Namun demikian, kami menyarankan untuk menggunakannya dengan hati-hati karena efek samping terkait obat, pernafasan yang sangat sementara memburuk, dan infeksi bakteri.” lanjut penulis.

Menurut penulis, beberapa uji coba tocilizumab pada pasien coronavirus dengan desain studi yang berbeda, kombinasi obat, dan populasi target terdaftar di ClinicalTrials.gov dan harus menghasilkan rincian lebih lanjut tentang penggunaan tocilizumab pada pasien ini.

Baca :  FDA Menyetujui Remdesivir sebagai Obat COVID-19 dengan Penggunaan Darurat

Sumber :

Emily C Somers, et al. Tocilizumab for treatment of mechanically ventilated patients with COVID-19, Clinical Infectious Diseases, , ciaa954, https://doi.org/10.1093/cid/ciaa954

SAFETY AND EFFICACY OF ANTI-IL6-RECEPTOR TOCILIZUMAB USE IN SEVERE AND CRITICAL PATIENTS AFFECTED BY CORONAVIRUS DISEASE 2019: A COMPARATIVE ANALYSIS. Rossotti, Roberto et al.Journal of Infection

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Mengenal Allopurinol dan Febuxostat sebagai Penurun Kadar Asam Urat

Majalah Farmasetika – Pirai (Gout) merupakan penyakit progresif akibat deposisi kristal monosodium urat (MSU) di …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.