Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

FDA Perluas Penggunaan Darurat Remdesivir untuk Pasien COVID-19 Dirawat di Rumah Sakit

Majalah Farmasetika – Perusahaan Gilead Inc mengatakan pada hari Jumat (28/8/2020) bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat (AS) memperluas otorisasi penggunaan darurat pengobatan antiviral COVID-19 eksperimentalnya, remdesivir, untuk memungkinkan penggunaannya pada semua pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit.

Obat itu diizinkan pada Mei 2020 untuk digunakan pada pasien dengan bentuk penyakit yang parah, setelah data percobaan menunjukkan obat antivirus membantu mempersingkat waktu pemulihan rumah sakit.

Pasien dengan COVID-19 yang lebih sedang ditunjukkan dalam penelitian memiliki manfaat sederhana setelah diberi obat, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan minggu lalu.

Studi baru yang dipublikasikan di JAMA (21/8/2020) menemukan bahwa pasien yang sakit sedang yang diobati dengan obat antivirus hingga lima hari memiliki kemungkinan perbaikan yang lebih tinggi secara signifikan di area tertentu, seperti apakah mereka membutuhkan oksigen tambahan, dibandingkan dengan pasien yang diberi pengobatan standar.

Tetapi pentingnya manfaat itu tidak pasti, kata Gilead, karena pertanyaan lanjutan tentang cara terbaik untuk mengukur hasil pasien selain kelangsungan hidup.

FDA mengatakan dalam siaran pers bahwa telah menyimpulkan bahwa remdesivir mungkin efektif untuk mengobati penyakit dan potensi manfaatnya lebih besar daripada risikonya.

Sumber : COVID-19 Update: FDA Broadens Emergency Use Authorization for Veklury (remdesivir) to Include All Hospitalized Patients for Treatment of COVID-19 https://www.fda.gov/news-events/press-announcements/covid-19-update-fda-broadens-emergency-use-authorization-veklury-remdesivir-include-all-hospitalized

Effect of Remdesivir vs Standard Care on Clinical Status at 11 Days in Patients With Moderate COVID-19A Randomized Clinical Trial. JAMA. Published online August 21, 2020. doi:10.1001/jama.2020.16349

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca :  Jepang Temukan Obat Pankreas Nafamostat Bisa Cegah Infeksi COVID-19

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

FDA Setujui Obat Pertama COVID-19, Remdesivir untuk Kondisi Pasien Tertentu

Majalah Farmasetika – Bertolak belakang dengan hasil uji solidaritas trial WHO dimana Remdesivir dinyatakan tidak …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.