Peringkat Akreditasi Majalah Farmasetika Naik Menjadi SINTA 3

Majalah Farmasetika – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang P.S. Brodjonegoro, mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 148/M/KPT/2020 tentang Peringkat Jurnal Ilmiah Periode II Tahun 2020 dimana didalamnya tercantum Majalah Farmasetika mulai Volume 3 Nomor 5 naik peringkat akreditasi menjadi SINTA (Science and Technology Index) 3 yang asalnya SINTA 5.

Dikutip dari situs pemerintah Indonesia, Sinta merupakan aplikasi yang berupa portal yang berisi pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) antara lain kinerja peneliti, kinerja jurnal, kinerja institusi IPTEK, dan author atau penulis jurnal. Selain mengukur kinerja IPTEK, SINTA juga menjadi alat pengindeks internasional sebagai arsip jurnal, buku, artikel, dan karya ilmiah lainnya.

Tak sama dengan portal pengindeks seperti Google Scholar, Portal Garuda, Indonesian Publication Index (IPI), dan Indonesia Science and Technology Index (Inasti), SINTA memiliki fitur yang lebih lengkap seperti Citation (indeks dalam setahun untuk Google Scholar dan Scopus), Networking (mengetahui siapa saja yang pernah bekerja sama), dan Research Output (jurnal, artikel, buku yang telah dipublikasikan), dan Score (melihat indeks di Scopus, Google Scholar, dan Inasti).

SINTA dikembangkan sebagai wadah hasil penelitian untuk dipublikasikan secara online. Para peneliti dan dosen diberi kesempatan sebesar-besarnya untuk berkontribusi melalui aplikasi SINTA. Kedua profesi ini diharapkan mampu menambah jumlah jurnal atau karya ilmiah melalui portal tersebut. Syarat untuk menggunakan SINTA cukup dengan membuat akun berisi data diri dan melampirkan karya yang telah dipublikasikan.

Peringkat 3 berarti nilai akreditasi Majalah Farmasetika berada pada 60 ≤ n < 70. Sertifikat untuk Majalah Farmasetika akan diberikan setelah tanggal 28 September 2020.

Berikut selengkapnya

Loader Loading…
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab
Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca :  Apoteker bisa Berperan dalam Aborsi Legal

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Apoteker Berperan dalam Manajemen Suplemen Kekebalan Tubuh Cegah COVID-19

Majalah Farmasetika – Selama pandemi COVID-19, apoteker berperan penting dalam pengelolaan suplemen kesehatan peningkatan kekebalan …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.