Vaksin COVID-19 Pfizer Terbukti 94% Efektif pada 600 Ribu Orang

Majalah Farmasetika – Vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19 telah terbukti 94% efektif, menurut studi besar pertama yang mengevaluasi kemanjuran suntikan.

Organisasi pemeliharaan kesehatan terbesar Israel, Clalit Institute for Research merilis hasil studi mereka kemarin, yang mengevaluasi tingkat infeksi 600.000 orang satu minggu setelah diberi vaksin.

Studi ini melibatkan total 1,2 juta orang, dengan setengah dari peserta divaksinasi dengan dua dosis suntikan, dan setengahnya, yang memiliki karakteristik serupa dengan kelompok lain, tidak divaksinasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang divaksinasi 94% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan gejala infeksi COVID-19, dan 92% lebih kecil kemungkinannya untuk menjadi sakit parah akibat virus. Suntikan itu paling efektif satu minggu setelah dosis kedua, seperti yang ditemukan Pfizer sendiri sebelumnya.

Vaksin ini juga terbukti efektif di antara orang-orang yang berusia di atas 70-an seperti pada peserta yang lebih muda, dengan 170.000 (28%) di antaranya diberikan suntikan yang berusia di atas 60 tahun.

Berita ini muncul karena beberapa negara Eropa telah memilih untuk tidak memberikan suntikan Universitas Oxford-AstraZeneca kepada orang tua, dengan alasan kekhawatiran atas kemanjuran, meskipun ada jaminan dari WHO.

Kepala Clalit Research Institute, Profesor Ran Balicer mengatakan kepada Globes: “Bersama dengan kolega kami di Universitas Harvard, kami telah melakukan serangkaian tes untuk memvalidasi hasil dan kami telah menemukan dengan tegas bahwa vaksinasi Pfizer terhadap COVID-19 paling banyak efektif dalam kehidupan nyata, seminggu setelah dosis kedua, persis seperti yang ditemukan oleh penelitian klinis.”

“Selain itu, tren yang kami identifikasi pelacakan setelah minggu tambahan setelah dosis kedua secara signifikan meningkatkan kemanjuran yang diukur dari vaksinasi. Faktanya, dalam hal lebih dari 14 hari dan lebih setelah dosis kedua, dalam tes awal, kami mengidentifikasi kemanjuran yang lebih tinggi. . ” lanjutnya.

Institut akan segera merilis data lebih lanjut dengan evaluasi yang tepat tentang kemanjuran vaksin setelah lebih banyak waktu berlalu.

Sumber :

Pfizer COVID-19 vaccine proven 94% effective in biggest study yet http://www.pharmafile.com/news/570884/pfizer-covid-19-vaccine-proven-94-effective-biggest-study-yet

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Dosis Tunggal Vaksin Pfizer Signifikan Kurangi Angka Positif COVID-19

Majalah Farmasetika – Satu dosis vaksin COVID-19 Pfizer dan BioNtech mengurangi jumlah infeksi tanpa gejala …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.