Sebabkan Keguguran Kandungan, Australia Tarik Obat Herbal Mengandung Artemisia

Majalah Farmasetika – Obat herbal yang mengandung tanaman Artemesia Artemisia annua atau Artemisia absinthium dikabarkan efektif melawan virus SARS-CoV2.

Namun, pemerintah Australia melalui Department of Health, Therapeutic Goods of Adminisitration (TGA) pada 17 Februari 2021 mengumumkan bahwa konsumen dan profesional kesehatan disarankan agar beberapa obat yang terdaftar ditarik kembali karena kandungan Artemisia annua atau Artemisia absinthium yang tinggi. Obat-obatan yang tercantum di bawah ini menimbulkan risiko yang tidak dapat diterima jika digunakan selama kehamilan.

TGA menerbitkan peringatan keamanan untuk obat-obatan terdaftar yang mengandung spesies Artemisia pada Oktober 2020. Peringatan keamanan memperingatkan konsumen tentang potensi risiko penggunaan obat-obatan ini selama kehamilan.

Obat-obatan yang ditarik diantaranya Hilde Hemmes’ Herbals Wormwood Herb, Paracea Forte Tablets (60), MediHerb Stealth Complex, dan Gloria Herbs Pty Ltd dengan nomor batch tertentu dan akan diperbarui jika penarikan kembali disetujui oleh TGA.

Artemisinin bisa sebabkan keguguran

Artemisinin adalah bahan kimia yang ditemukan di banyak spesies Artemisia. Penelitian pada hewan tentang ekstrak Artemisia annua, artemisinin dan senyawa terkait telah menunjukkan potensi keguguran (keguguran) dan kelainan perkembangan pada hewan. Jenis penelitian ini digunakan untuk mengidentifikasi risiko obat yang digunakan selama kehamilan pada manusia.

Investigasi TGA mengidentifikasi Artemisia annua dan Artemisia absinthium sebagai ‘berisiko tinggi’ karena spesies ini mengandung tingkat artemisinin yang lebih tinggi.

Produsen obat yang mengandung Artemisia annua dan Artemisia absinthium diminta untuk memberikan informasi kepada TGA untuk memungkinkan penilaian risiko produk ini. Selanjutnya, TGA mengidentifikasi bahwa produk di atas dapat membuat konsumen terpapar pada tingkat bahan yang tidak aman selama kehamilan jika digunakan sesuai petunjuk. Karena produk ini tidak memperingatkan konsumen terhadap penggunaannya selama kehamilan, produk ini ditarik kembali.

Peringatan tidak digunakan wanita hamil

TGA juga sedang dalam proses memberlakukan ketentuan pada semua obat yang terdaftar yang mengandung Artemisia annua dan Artemisia absinthium yang memerlukan peringatan agar tidak digunakan selama kehamilan.

Saran sebelumnya yang diterbitkan oleh TGA menunjukkan bahwa risiko cenderung lebih tinggi pada awal kehamilan, termasuk waktu sebelum kehamilan baru diidentifikasi. Namun, karena penyelidikan terus berlanjut, TGA telah mengidentifikasi informasi yang menunjukkan penggunaan obat-obatan ini mungkin tidak aman pada semua tahap kehamilan.

Informasi untuk konsumen

Perlu diketahui bahwa produk yang tercantum di atas menimbulkan risiko yang tidak dapat diterima jika digunakan selama kehamilan.

Anda harus berhenti menggunakan produk yang mengandung spesies Artemisia jika Anda sedang hamil atau jika ada kemungkinan hamil. Jika Anda memiliki nomor batch obat yang terpengaruh yang dirinci dalam tabel di atas, sisa produk ini dapat dikembalikan ke tempat pembelian untuk mendapatkan pengembalian uang.

Jika Anda memiliki kekhawatiran atau pertanyaan tentang masalah ini, bicarakan dengan ahli kesehatan Anda.

Informasi untuk para profesional kesehatan

Harap perhatikan masalah di atas dan beri tahu pasien jika mereka meminta nasihat.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang masalah ini, hubungi produsen terkait.

Melaporkan masalah

Konsumen dan profesional kesehatan didorong untuk melaporkan masalah dengan obat atau vaksin. Laporan Anda akan berkontribusi pada pemantauan TGA terhadap produk ini.

TGA tidak dapat memberikan nasihat tentang kondisi medis seseorang. Anda sangat dianjurkan untuk berbicara dengan ahli kesehatan jika Anda khawatir tentang kemungkinan kejadian buruk yang terkait dengan obat atau vaksin.

Sumber :

Various medicines containing Artemisia annua and Artemisia absinthium https://www.tga.gov.au/alert/various-medicines-containing-artemisia-annua-and-artemisia-absinthium

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Sumber : Kemenkes RI

Percepat Vaksinasi COVID-19, Kemenkes Gandeng Halodoc

Majalah Farmasetika – Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan (Kemenkes) berusaha untuk segera melakukan vaksinasi COVID-19 kepada …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.