4 PTN dengan Prodi Farmasi Terbaik Versi QS WUR 2022

Majalah Farmasetika – Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi QS World University Rankings (WUR) mengeluarkan QS WUR by Subject 2022 pada 6 April 2022. QS WUR by Subject terbagi menjadi 5 subjek (bidang studi) diantaranya untuk sub subjek Farmasi (Pharmacy & Pharmacolgy) di bawah subjek Ilmu Pasti dan Kedokteran (Life Sciences and Medicine).

QS WUR berdasarkan Subjek adalah analisis komparatif independen tentang kinerja 15.200 program studi di universitas.

Program-program ini diikuti oleh mahasiswa di 1.543 universitas di 88 lokasi di seluruh dunia dan duduk di 51 disiplin ilmu yang, untuk pemeringkatan, kemudian dikelompokkan ke dalam lima bidang studi yang luas.

“Mengamati tren kinerja di lebih dari 15.000 departemen universitas memungkinkan kami untuk melihat faktor mana yang memengaruhi kesuksesan. Pandangan internasional – baik dalam hal badan fakultas dan hubungan penelitian – berkorelasi kuat dengan peningkatan kinerja. Universitas yang sedang naik daun menerima investasi yang ditargetkan dari pemerintah selama lebih dari satu dekade. Terakhir, memperkuat hubungan dengan industri berkorelasi dengan hasil pekerjaan, penelitian, dan inovasi yang lebih baik.” tutur Ben Sowter, Wakil Presiden Senior QS dikutip dihalaman resminya.

Tahun ini, Indeks International Research Network (IRN) diperkenalkan sebagai indikator kelima dalam metodologi untuk mencerminkan semakin pentingnya kolaborasi penelitian lintas batas dalam memecahkan beberapa masalah paling mendesak di dunia.

4 metode perhitungan lainnya dilihat dari :

  • Reputasi akademik (Academic reputation) 
  • Reputasi pemberi kerja (Employer reputation)
  • Kutipan penelitian per artikel publikasi (Research citations per paper)
  • H-index 

Berikut adalah 4 PTN dengan Program Studi (Prodi) Farmasi terbaik berdaraskarn QR WUR by Subject 2022

1. Universitas Indonesia (UI)

Peringkat dunia bidang farmasi: 201-250

2. Universitas Airlangga (Unair)

Peringkat dunia bidang farmasi: 401-450

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Peringkat dunia bidang farmasi: 401-450

4. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Peringkat dunia bidang farmasi: 601-650

Sumber :

Rankings revealed: QS World University Rankings by Subject 2022 https://www.qs.com/rankings-revealed-qs-world-university-rankings-by-subject-2022/

PTN dengan Jurusan Farmasi Terbaik Versi QS WUR 2022 https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-6129595/ptn-dengan-jurusan-farmasi-terbaik-versi-qs-wur-2022.

Share this:

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Kongres XXI IAI Untuk Praktek Profesi yang Berkualitas dan Kesehatan Masyarakat yang Paripurna

Majalah Farmasetika – JAKARTA-24 Juni 2022 – Sebagai agenda rutin yang dilaksanakan 4 tahun sekali, …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.