penelitian

Novartis dan Microsoft Kembangkan Sensor Gerak Kinect Untuk Multiple Sclerosis

Novartis dan Microsoft Kembangkan Sensor Gerak Kinect Untuk Multiple Sclerosis. Perusahaan farmasi Novartis melakukan kerjasama dengan raksasa teknologi Microsoft dalam pengembangan sensor gerak Kinect untuk mengukur apakah perawatan multiple sclerosis (MS) telah terbukti keefektifannya.

MS atau sklerosis ganda merupakan suatu kelainan peradangan yang terjadi pada otak dan sumsum tulang belakang yang disebabkan oleh banyak faktor, terutama focal lymphocytic infiltration (sel T secara terus-menerus bermigrasi menuju lokasi dan melakukan penyerangan seperti yang layak terjadi pada setiap infeksi) dan berakibat pada kerusakan mielin dan akson.

Kinect biasanya digunakan untuk game XBOX yang didasarkan dari teknologi perangkat lunak yang dikembangkan secara internal oleh Rare, anak perusahaan dari Microsoft Game Studios milik Microsoft, dan teknologi kamera oleh pengembang Israel, PrimeSense.

Microsoft mengatakan kompleksitas beberapa gejala sclerosis, dan cara mereka berbeda secara substansial dari pasien ke pasien, menimbulkan tantangan dalam menilai apakah mereka stabil atau memperburuk. Kecepatan perkembangananya pun sangat bervariasi dan tak terduga.

“Salah satu hal yang paling sulit tentang MS adalah ketidakpastian itu,” komentar Cecily Morrison, seorang peneliti di Cambridge, UK, laboratorium penelitian Microsoft, yang telah menghabiskan beberapa tahun terakhir bekerja pada proyek penelitian bersama Novartis.

Metode standar saat ini untuk mengukur kemajuan MS dimana dokter melakukan serangkaian tes: seperti meminta pasien untuk menyentuh hidung mereka atau duduk dengan tangan mereka terentang. Dokter kemudian menilai gejala pasien menurut skala, berdasarkan seberapa efektif mereka mampu melakukan tes.

Namun, sifat subjektif dari opini dokter manusia menyisakan ruang untuk kesalahan dalam diagnosis dan kurangnya standarisasi dalam ujian. Penelitian telah menunjukkan bahwa dokter yang berbeda telah dinilai pasien yang sama berbeda pada skala, dan juga bahwa dokter yang sama dapat menilai gerakan yang sama berbeda ketika melihat itu pada dua kesempatan terpisah.

Baca :  Novartis Luncurkan Alat Diagnostik Asma Alergi Parah dengan Hasil Hitungan Menit

Untuk alasan ini, teknologi Kinect dipandang sebagai cara untuk mendapatkan pembacaan yang lebih konsisten tentang bagaimana seorang pasien dilakukan pada masing-masing tes, membawa tingkat baru yang seragam yang bisa membantu dokter yang lebih baik menilai perkembangan penyakit. Novartis dan Microsoft memiliki keyakinan bisa lebih cepat untuk memilih dan mendapatkan obat yang tepat untuk pasien.

microsoft_novartis_kinect
Source : http://www.pharmafile.com/news/503289/novartis-and-microsoft-team-kinect-collab

Menurut Microsoft, maksudnya adalah untuk menambah pengetahuan dokter dan kemampuan untuk menilai penyakit, bukan untuk menggantikan mereka sama sekali.

“Apa yang kami lakukan adalah memberi mereka satu set data yang mereka kemudian dapat menenun menjadi penilaian mereka,” jelas Abigail Sellen, peneliti utama dalam Pengalaman Manusia dan kelompok Desain di laboratorium penelitian Cambridge.

Microsoft telah bekerja pada proyek ini selama beberapa tahun, namun Menilai MS sekarang memiliki bukti yang dapat diandalkan, konsep yang dapat diuji pada sejumlah besar pasien. Tujuan penelitian tim saat ini adalah untuk menyempurnakan algoritma pembelajaran mesin yang digunakan dalam sistem.

“Kami gembira tentang kerjasama kami dengan Microsoft Research untuk mengembangkan diagnosa MS, cara yang lebih konsisten untuk mengukur disfungsi motorik yang disebabkan oleh multiple sclerosis, yang bisa mengarah pada pengembangan terapi yang lebih baik dan merawat pasien. ” ujar Vas Narasimhan, kepala global pembangunan di Novartis Pharmaceuticals.

Untuk menilai aplikasi praktis Novartis dan Microsoft melibatkan sejumlah mitra klinis, bekerja dengan dokter di Rumah Sakit Universitas Basel, Rumah Sakit Universitas Bern dan VU University Medical Centre Amsterdam. Microsoft mengatakan langkah berikutnya adalah untuk menguji Menilai MS dalam praktek dan melihat apakah itu dapat digunakan dalam uji klinis untuk MS.

Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Kinect
https://id.wikipedia.org/wiki/Sklerosis_multipel
http://www.pharmafile.com/news/503289/novartis-and-microsoft-team-kinect-collab

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Untuk Pertama Kalinya, Kecerdasan Buatan Temukan Antibiotik Baru

farmasetika.com – Peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) telah mengidentifikasi senyawa antibiotik baru menggunakan …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.