yosprala

Kini Hadir Obat Kombinasi Aspirin dan Omeprazole Untuk Pasien Jantung dengan Risiko Asam Lambung

Majalah Farmasetika (V1N7-September 2016). Aspirin atau asetosal (asam asetilsalisilat) pada dosis rendah dapat digunakan untuk mengatasi trombosis (antitrombotik) sehingga dapat juga digunakan untuk mencegah serangan jantung. Namun menjadi dilematis bagi pasien yang memiliki risiko asam lambung karena aspirin.

Obat resep kombinasi aspirin-omeprazole pertama di dunia

Aralez Pharmaceutical inc., sebuah perusahaan farmasi global mengumumkan (15/9) bahwa Food and Drug Administration (FDA) telah menyetujui tablet sekali sehari YOSPRALA ™, satu-satunya obat resep kombinasi dosis tetap aspirin, agen anti-platelet, dan omeprazole, proton pump inhibitor ( PPI) di dunia.

YOSPRALA diindikasikan untuk pasien yang membutuhkan aspirin untuk pencegahan sekunder kardiovaskular (CV) dan kejadian serebrovaskular yang memiliki risiko efek aspirin terkait ulkus lambung.  YOSPRALA akan meluncur di pasaran Amerika pada minggu pertama di bulan Oktober.

“Asupan aspirin harian adalah standar perawatan untuk pencegahan kejadian kardiovaskular sekunder, tetapi gejala gastrointestinal sering disebut-sebut pasien sebagai alasan berhenti memakai terapi penting ini. Penghentian terapi aspirin setiap hari untuk pencegahan sekunder dapat menimbulkan risiko kardiovaskular yang signifikan,” kata Lori Mosca, MD, MPH, Ph.D., seorang ahli dalam pencegahan penyakit kardiovaskular.

“Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa pasien yang memiliki atau berisiko penyakit arteri koroner dan menghentikan pengobatan aspirin setiap hari memiliki tiga kali lebih berisiko dari acara jantung utama yang merugikan, termasuk kematian, tak lama setelah menghentikan terapi. Studi lain mencatat bahwa penghentian aspirin karena pendarahan gastrointestinal pada pasien dengan penyakit CV meningkatkan risiko kejadian kardiovaskular atau kematian hampir 7 kali lipat. ” lanjutnya.

YOSPRALA dirancang untuk mendukung dua perlindungan cardio dan gastro

YOSPRALA dirancang untuk mendukung dua perlindungan cardio dan gastro bagi pasien yang berisiko melalui sistem Intelli-COAT ™ proprietary, yang diformulasikan secara berurutan dimana berisi formulasi immediate-release omeprazole (40 mg) diikuti oleh sustain-release enterik berlapis aspirin dengan kekuatan dosis baik 81 mg atau 325 dosis mg.

Baca :  Konsumsi Obat Asam Lambung PPI Tingkatkan Resiko Tertular COVID-19

YOSPRALA imediate-release omeprazole dirancang untuk meningkatkan pH lambung ke zona gastroprotektif. Aspirin enterik berlapis larut setelah pH berada di ≥ 5,5, dalam zona gastroprotektif, sehingga mengurangi resiku terkena maag.

“Persetujuan dari YOSPRALA menandai prestasi besar bagi Aralez dan membantu mengatasi dilema kesehatan masyarakat saat ini, yakni penghentian pasien terapi aspirin setiap hari, yang memiliki konsekuensi serius,” kata Adrian Adams, Chief Executive Officer Aralez.

“YOSPRALA dirancang untuk membantu pasien yang berisiko dan membutuhkan manfaat cardio-protective aspirin setiap hari, pengobatan yang tetap adalah penting bagi mereka sekaligus mengurangi risiko mengembangkan ulkus lambung. Kami percaya YOSPRALA merupakan pilihan pengobatan baru yang penting untuk kelompok pasien dan penyedia layanan kesehatan yang berusaha untuk meningkatkan kepatuhan pasien untuk harian akses ke perawatan pencegahan aspirin terapi.” lanjutnya.

Sumber : http://www.prnewswire.com/news-releases/aralez-announces-fda-approval-of-yosprala-for-secondary-prevention-of-cardiovascular-and-cerebrovascular-events-in-patients-at-risk-for-aspirin-associated-gastric-ulcers-300328751.html

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Pemazyre (Pemigatinib), Terapi Baru Kanker Saluran Empedu

Majalah Farmasetika – FDA memberikan persetujuan dipercepat untuk obat Pemigatinib pada tanggal 17 April 2020, …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.