kanker
pic : freedigitalphotos.net

Regulator Eropa Luncurkan Monoterapi Baru Untuk Kanker Leukemia Limfositik Kronis

farmasetika.com – Komisi Eropa (European Commission/EC) kemarin (8/12) telah memberikan izin edar untuk Venclyxto (venetoclax) dari perusahaan farmasi Abbvie sebagai monoterapi untuk pengobatan leukemia limfositik kronis (chronic lymphocytic leukaemia/CLL) pada pasien dewasa.

Apa itu leukemia limfositik kronis?

Merupakan jenis kanker yang menyebabkan akumulasi limfosit normal dan belum dewasa pada pasien yang menyebabkan pasien kurang bisa mempertahankan dari serangan asing pada sistem kekebalan tubuhnya, dengan memiliki gejala yang umum termasuk pembengkakan kelenjar getah bening, penurunan berat badan, demam dan kelelahan yang parah.

CLL adalah bentuk paling umum dari leukemia pada orang dewasa dan biasanya berulang meskipun pengobatan, dengan kelangsungan hidup mulai dari dua atau tiga tahun untuk hanya tiga bulan tergantung pada keadaan pribadi.

Apa itu Venclyxto?

Venclyxto yang berisi venetoclax adalah pengobatan sekali sehari secara oral yang bekerja secara selektif menghambat fungsi protein BCL-2, memulihkan kemampuan tubuh untuk memicu sel kanker untuk menghancurkan diri sendiri (apoptosis).

Hal ini direkomendasikan untuk digunakan pada pasien dengan tidak adanya penghapusan genetik 17P atau mutasi TP53 dimana kemo-immunotherapy dan terapi reseptor sel B (BCR) inhibitor telah gagal atau tidak terbukti efektif.

Venclyxto diluncurkan di Eropa

Komisi Eropa memberikan izin edar berdasarkan data yang dihasilkan dari penelitian fase 2 dari 64 pasien CLL yang kambuh atau yang refrakter terhadap inhibitor BCR. Uji klinis menemukan bahwa Venclyxto mencapai tingkat respon obyektif (objective response rate/ORR) sebesar 67%, dengan 25% dari pasien negatif mencapai minimal penyakit residual (minimal residual disease /MRD) dalam darah perifer. Studi lainnya mempelajari 107 pasien CLL kambuhan dengan penghapusan 17P , ORR adalah 79%, dengan 7% di remisi lengkap.

“Venetoclax merupakan pilihan penting baru untuk menawarkan pasien yang memenuhi syarat dengan CLL yang memiliki hasil yang sangat miskin dengan terapi konvensional. Penelitian telah menunjukkan bahwa angka yang signifikan secara klinis pasien menanggapi pengobatan, dengan jumlah tersebut mencapai tanggapan lengkap.” ujar Profesor Peter Hillmen, konsultan hematologi di Leeds Teaching Hospitals NHS Trust dan koordinasi penyidik ​​dari studi Venclyxto di Inggris.

Baca :  Penelitian Buktikan Puasa Mampu Menghambat Perkembangan Kanker Leukemia

“Untuk dokter, hasil ini bermakna untuk mengamati bahwa beberapa pasien mencapai remisi lebih dalam di mana penyakit minimal tidak terdeteksi pada tingkat molekuler, jarang terlihat pada pasien sebelum diobati dengan jenis kemajuan klinis membawa kita lebih dekat daripada sebelumnya untuk berhasil mengobati jenis kanker. ” lanjutnya dikutip dari pharmafile.com (9/12/2016).

Direktur medis Abbvie Inggris Alice Butler juga mengatakan : “Abbvie membuat investasi yang signifikan dalam mempelajari cara-cara untuk memblokir aktivitas kanker BCL-2  dan dengan lisensi ini kami sangat senang dengan kesempatan untuk membawa venetoclax untuk pasien di Inggris yang memenuhi syarat dan memiliki pilihan terapi terbatas sampai saat ini. “.

Sumber :

Matt Fellows. European thumbs up for Abbvie leukaemia drug. http://www.pharmafile.com/news/511861/european-thumbs-abbvie-leukaemia-drug. (diakses 9 Desember 2016).

Share this:

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Baloxavir Marboxil, Obat Influenza Pertama Untuk Anak Usia 5-11 Tahun

Majalah Farmasetika – Baloxavir marboxil adalah obat oral dosis tunggal pertama dan satu-satunya untuk mengobati …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.