kanker payu dara
pic : freedigitalphotos.net

Diagnosa dan Terapi Dini Kanker Payudara Memiliki Peluang Terbaik untuk Sembuh

farmasetika.com – Kanker payudara adalah kanker paling umum di antara perempuan. Sejumlah 1,67 juta kasus baru terdiagnosa di seluruh dunia, dan lebih dari 500.000 perempuan meninggal akibat penyakit ini setiap tahunnya. Ini berarti bahwa seorang wanita terdiagnosis dengan kanker payudara di suatu tempat di dunia setiap 20 detik dan lebih dari tiga perempuan meninggal akibat kanker payudara setiap lima menit di seluruh dunia.

Kanker payudara tidak hanya satu jenis penyakit

Ada beberapa jenis kanker payudara, yang dapat diklasifikasikan berdasarkan protein (dikenal sebagai reseptor) mantel yang berada di permukaan sel-sel kanker. Protein ini memainkan peran penting dalam perkembangan tumor, oleh sinyal sel untuk tumbuh dan membelah.

Mengetahui jenis kanker payudara pasien membantu menentukan pendekatan pengobatan yang paling efektif dan kemungkinan perjalanan penyakit.

Setiap jenis kanker payudara diidentifikasi oleh ada tidaknya tiga reseptor yang ditemukan pada permukaan sel: reseptor estrogen (ER), reseptor progesteron (PR) dan Human Epidermal Growth Factor Receptor 2 (HER2).

Ketika terdiagnosis, pasien dapat dikonfirmasi sebagai positif atau negatif dari satu atau lebih reseptor ini.

Kanker payudara Hormon Receptor (HR) -positif

Kanker payudara HR-positif adalah jenis yang paling umum dari kanker payudara, terhitung sekitar 80% dari kasus yang terjadi. Kanker payudara dianggap HR-positif ketika sel-sel tumor menghasilkan sejumlah reseptor abnormal untuk hormon, estrogen dan / atau progesteron.

Hormon ini memberikan sinyal sel-sel tumbuh dan membelah, memiliki terlalu banyak reseptor pada permukaan sel dapat menyebabkan pertumbuhan tidak terkontrol dan pembentukan tumor. Kanker payudara HR-positif biasanya diobati dengan obat-obatan, yang dikenal sebagai terapi hormon, yang menghalangi aktivitas ER dan / atau PR, atau yang mengurangi kadar hormon.

Baca :  Konsumsi Warfarin pada Orang Dewasa Mampu Mengurangi Resiko Terkena Kanker

Kanker payudara HER2-positif

Kanker payudara HER2 -positif ditandai dengan sel yang menghasilkan kelebihan produksi protein HER2 dan mewakili sekitar 20% dari semua kanker payudara. Jenis kanker payudara dapat sangat agresif. Jika tidak diobati, hal ini terkait dengan perkembangan penyakit yang lebih cepat dan kemungkinan miskin bertahan hidup dibandingkan dengan penyakit HER2-negatif (yaitu sel-sel kanker payudara yang dilapisi dengan jumlah normal dari protein HER2).

Perawatan terapi yang tersedia yang secara khusus menargetkan HER2, memblokir sinyal yang menyebabkan sel kanker untuk tumbuh dan berkembang biak.

Kanker payudara triple-negatif

Kanker payudara triple-negatif (Triple-negative breast cancer/TNBC) adalah bentuk yang jarang dari kanker payudara, akuntansi untuk sekitar 10-20% dari semua kanker payudara.

Ini adalah jenis kanker payudara yang kekurangan reseptor estrogen dan progesteron dan tidak over-produksi protein HER2. Oleh karena itu mekanisme yang mendorong jenis kanker sebagian besar tidak diketahui, yang membuatnya sebagai jenis kanker payudara yang sangat sulit untuk diobati. Meskipun pasien mungkin menanggapi kemoterapi, secara keseluruhan, pilihan pengobatan terbatas, dan prognosis sering terbatas.

Mengetahui jenis kanker payudara pasien memiliki peranan penting, karena sementara beberapa perawatan seperti pembedahan dan radioterapi mungkin mirip di berbagai jenis kanker payudara, terapi obat seperti kemoterapi, terapi hormonal dan terapi bertarget akan berbeda antara jenis kanker.

Kanker payudara juga didiagnosis dan diobati sesuai dengan ‘stadium’ keparahan

Ketika didiagnosis, pasien akan diberitahu ‘stadium’ kanker payudara mereka. Hal ini menunjukkan seberapa besar itu dan seberapa jauh ia telah menyebar (jika sama sekali). Tahap ini penting karena membantu spesialis kanker untuk menentukan perawatan terbaik untuk pasien. Secara umum, semakin maju stadium kanker adalah semakin sulit untuk mengobati dan buruk prognosisnya cenderung.

Baca :  Vyxeos, Calon Obat Potensial Baru Untuk Myeloid Leukimia Akut

Kanker payudara dini (Early breast cancer/EBC) dan kanker payudara stadium lanjut (advanced breast cancer/aBC)

Mayoritas kasus kanker payudara yang didiagnosis pada tahap awal, sebelum kanker telah menyebar di luar payudara.  Ketika dirawat di tahap awal ini, kanker payudara mungkin berpotensi dapat disembuhkan. EBC pendekatan pengobatan komprehensif dan mungkin melibatkan pengobatan sebelum dan setelah operasi untuk menghilangkan sel-sel kanker dan mencegah mereka dari kembali.

pic : www.roche.com

Sayangnya, beberapa pasien yang awalnya didiagnosis dengan stadium lanjut penyakitnya, atau mereka diserang kanker kembali dan memburuk setelah pengobatan awal untuk EBC. Untuk pasien kanker yang telah menyebar ke bagian lain dari tubuh, seperti otak atau hati, penyembuhan sayangnya tidak lagi memungkinkan. Tujuan pengobatan untuk pasien dengan aBC adalah untuk memperpanjang hidup sebanyak mungkin, sementara juga mencoba untuk menjaga pasien merasa sebaik mungkin dengan mengelola gejala dan efek samping pengobatan.

Sumber :

About breast cancer. http://www.roche.com/research_and_development/what_we_are_working_on/oncology/about-breast-cancer.htm. (diakses 9 Desember 2016).

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Studi Buktikan Mutasi Virus Corona Tak Sebabkan COVID-19 Lebih Parah Tapi Cepat Menular

Majalah Farmasetika – Sebuah studi besar menunjukkan bahwa varian virus korona baru yang mungkin lebih …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.