Home / R & D / Zat Aktif / Peneliti Temukan Obat Penumbuh Gigi, Bisa Mengurangi Tambalan Gigi Berlubang
gigi
pic : freedigitalpictures.net

Peneliti Temukan Obat Penumbuh Gigi, Bisa Mengurangi Tambalan Gigi Berlubang

farmasetika.com – Para peneliti telah mampu mengidentifikasi obat yang dapat meregenerasi gigi dari dalam ke luar, dan memungkinkan untuk mengurangi kebutuhan tambalan gigi buatan.

Obat ini sebelumnya telah digunakan dalam uji klinis Alzheimer, dan sekarang tampaknya meningkatkan kemampuan alami gigi untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Obat ini bekerja dengan mengaktifkan sel-sel induk dalam pusat pulpa gigi, mendorong daerah yang rusak untuk menumbuhkan bahan dentin yang keras dimana membentuk mayoritas gigi.

“Pendekatan yang simpel membuat produk gigi klinis ideal sebagai terapi natural untuk gigi yang berlubang dengan menyediakan perlindungan pulp dan memulihkan dentin,” kata ketua peneliti Paul Sharpe dari King College London.

“Selain itu, dengan menggunakan obat yang telah diuji dalam uji klinis untuk penyakit Alzheimer memberikan kesempatan nyata untuk mendapatkan perawatan gigi ini lebih cepat untuk uji klinik.” lanjutnya.

Setelah gigi rusak oleh hal-hal seperti trauma atau gigi berlubang, pulp lembut di tengahnya bisa terkena dan meningkatkan risiko infeksi.

Untuk mencegah hal itu, tubuh kita membuat lapisan tipis dentin yang keras, jaringan kalsifikasi yang membentuk sebagian besar gigi yang membantu menutupi bahan luar dan membuat jalan dari dalam.

Tetapi proses ini tidak cukup untuk menghentikan rongga yang besar yang rentan mengekspos pulp, hal ini sebagai penyebab mengapa dokter gigi harus bor gigi keluar rongga, dan kemudian pak daerah ditutupi dengan tambalan buatan, pengobatan yang bekerja di masa lalu hingga kini dan tidak ideal.

“Gigi ini tidak hanya merupakan benjolan mineral, tetapi punya fisiologi sendiri. Sama halnya dengan mengganti jaringan hidup dengan semen inert,” kata Sharpe Hannah Devlin di The Guardian.

“Tambalan bekerja dengan baik, tetapi jika gigi dapat memperbaiki dirinya sendiri, pasti [itu] cara terbaik dan mengembalikan semua vitalitas gigi.” lanjutnya

Baca :  Uji Klinik Vaksin Kanker Fase 3 Gagal, Celldex Hentikan Uji Berikutnya

Sharpe dan timnya menemukan bahwa mereka bisa menggunakan obat Alzheimer,Tideglusib untuk merangsang sel-sel induk dalam gigi untuk benar-benar membuat lebih dentin dari biasanya, regenerasi seluruh struktur tanpa perlu menambahkan zat asing sama sekali.

Dengan kata lain, tidak ada tambalan.

Untuk mencari tahu ini, para peneliti menggunakan Tideglusib pada gigi yang rusak pada tikus untuk melihat bagaimana hal itu dipromosikan bisa mengaktivasi sel induk.

Obat diaplikasikan pada rongga menggunakan spons kolagen yang biodegradable direndam dalam molekul Tideglusib, lalu semuanya disegel di dalam.

Setelah beberapa minggu, tim melihat bahwa spons kolagen telah terdegradasi, dan gigi telah regenerasi dentin yang cukup untuk mengisi kesenjangan.

Proses itu sendiri sangat mirip dengan rongga yang mengisi secara normal, tapi bukannya menempatkan dalam filler buatan, dokter mendorong pertumbuhan dentin alami, yang menyebabkan gigi sehat dalam jangka panjang.

“Gigi tidak hanya tentang mengisi dan pengeboran, tetapi juga tentang menjaga kesehatan gigi,” ujar Ben Scheven dari University of Birmingham di Inggris, yang tidak terlibat dengan penelitian ini, mengatakan kepada The Guardian.

“Terutama karena itu pengobatan yang bisa mudah diakses dan murah, saya bisa membayangkan ini bisa digunakan di klinik.” lanjutnya.

Mengingat teknik sejauh hanya diuji pada tikus, penelitian lebih banyak perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi jika hasil dapat direplikasi pada manusia.

Rencana tim peneliti akan bergerak ke tikus berikutnya, dan jika hasil tersebut positif, percobaan manusia berada pada perencanaan berikutnya.

Kabar baiknya adalah bahwa Tideglusib dan spons kolagen yang digunakan dalam prosedur telah baik lulus uji klinis untuk perawatan lainnya, yang kemungkinan akan mempercepat proses jika teknik tidak membuatnya untuk pengujian manusia.

Ini bukan satu-satunya upaya untuk memperbaiki cara kita melakukan tambalan – pada tahun 2015, tim lain di Inggris mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan sebuah ‘cap bubur’ yang dapat dimasukkan dalam gigi untuk merangsang sel-sel induk dan memicu pertumbuhan dentin yang sama.

Baca :  Ditemukan Pasien Meninggal, Regulator Eropa Peringatkan Uji Klinik Zydelig

Dan studi lain dari tahun 2015, para peneliti di Australia, menemukan bahwa kerusakan gigi dapat ditangani dengan pernis fluoride-konsentrasi tinggi sebelum gigi berlubang terbentuk yang mungkin menurunkan jumlah perawatan yang diperlukan.

Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Scientific Report.

Sumber :

  1. Josh Hrala. Scientists have found a drug that regenerates teeth, and it could reduce the need for fillings. http://www.sciencealert.com/this-new-drug-can-regenerate-teeth-possibly-reducing-the-need-for-man-made-fillings (Diakses 11 Januari 2017).
  2. Hannah Devlin. Decline of the dentist’s drill? Drug helps rotten teeth regenerate, trial shows. https://www.theguardian.com/science/2017/jan/09/decline-of-the-dentists-drill-drug-helps-rotten-teeth-regenerate-trial-shows (Diakses 11 Januari 2017).
  3. Natural tooth repair method, using Alzheimer’s drug, could revolutionise dental treatments. http://www.kcl.ac.uk/newsevents/news/newsrecords/2017/01-January/Natural-tooth-repair-method-using-Alzheimer%27s-drug-could-revolutionise-dental-treatments.aspx (Diakses 11 Januari 2017).
  4. Neves, V.C.M., R. Babb, D. Chandrasekaran, and P.T. Sharpe, Promotion of natural tooth repair by small molecule GSK3 antagonists. Scientific Reports,  7,  39654 (2017).
Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

“Obat Dewa” Deksametason, Manfaat dan Efek Sampingnya

Farmasetika.com – Kortikosteroid merupakan senyawa obat yang dipercaya memiliki cakupan yang luas dalam dunia kedokteran. …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar