Project Milenial featuring news blogs and tutorials Adjustable Beds – Not Just For The Elderly! How A Dermatologist Can Help With Acne Problems Aromatherapy And Kids Amazingly Simple Skin Care Tips For People With Acne

Demi Masa Depan, Benarkah Jangan Pilih Jurusan Farmasi?

Majalah Farmasetika – Rubrik Opini. Apoteker sering disebut sebagai salah satu profesi yang memiliki masa depan yang baik. Banyak orang tua yang menginginkan anaknya bisa bekerja sebagai Apoteker. Apoteker identik dengan obat – obatan atau dunia farmasi.

Apa sih farmasi itu ?

Untuk kalian yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi dan ingin tau lebih banyak mengenai farmasi , yuk bisa simak informasi mengenai jurusan yang satu ini
Untuk menjadi seorang Apoteker , kalian harus menyelesaikan pendidikan program studi sarjana farmasi dan profesi apoteker. Farmasi berasal dari bahasa Yunani Pharmacon yang berarti racun atau obat.

Farmasi merupakan profesi kesehatan yang meliputi kegiatan di bidang penemuan, pengembangan, produksi, pengolahan, peracikan, informasi obat dan distribusi obat.Lalu apa aja sih yang dipelajari saat kuliah di program studi Farmasi ?

Mungkin kamu sering mendengar bahwa program studi farmasi sangat sulit bahkan berat ga jarang beberapa orang nyaranin agar kamu ga pilih program studi Farmasi . Tunggu dulu, biar ga salah informasi yuk simak dulu !

Mata kuliah yang sulit ?

Kebanyakan orang bilang kalau Program studi farmasi punya mata kuliah yang sulit untuk dipelajari. Saat sekolah tentu kalian akan belajar kimia , matematika , fisika.

3 pelajaran tersebut akan sering digunakan loh saat mempelajari mengenai obat. Karena pada dasarnya obat sendiri berasal dari suatu bahan kimia ataupun bahan alam. Memang betul bahwa beberapa mata kuliah akan sangat sulit .

Tapi jangan khawatir ! Akan ada dosen yang akan mengajari kalian hingga kalian mengerti , dan tentu saja ada teman – teman seperjuangan yang akan membantu kamu. Karena mata kuliah yang sulit , ikatan pertemanan akan sangat kuat dan akan membantu satu sama lain. Kegiatan belajar bersama bahkan mungkin akan terjadi setiap hari loh untuk menyelesaikan tugas – tugas yang dirasa sulit.
Tentu saja tidak ada mata kuliah yang tidak sulit di seluruh program studi . Hal ini pasti akan dihadapi saat kita menimba ilmu

Terlalu banyak praktikum ?

Farmasi merupakan salah satu bidang kesehatan dan memiliki efek langsung dengan kondisi manusia. Tidak heran jika banyak praktik yang dilakukan untuk mencapai hasil terbaik yang bisa diberikan.

Praktik apa aja sih yang dilakukan ?

Baca :  Profesi Apoteker dan Tenaga Farmasi Masuk 20 Pekerjaan Kebal Resesi Ekonomi

Ada praktikum mengenai pelayanan sediaan farmasi. Biasa disebut praktikum farmasetikum.Disini kita akan meracik sediaan farmasi sesuai dengan resep yang diminta. Seperti membuat sediaan puyer , kapsul , salep ataupun sirup.

Kedua ada praktikum kimia analisis kuantitatif ataupun kualitatif , disini kita akan menganalisis suatu sampel atau zat untuk menentukan kadar dalam sampel tersebut atau ada atau tidaknya obat dalam sampel tersebut.

Ketiga ada praktikum farmakologi . Kita akan melakukan pengujian sistem kerja obat dengan memasukkan obat dalam hewan percobaan lalu akan dilihat efek atau reaksi dari hewan percobaan tersebut. Dan banyak lagi praktikum lainnya.Dari praktikum ini kita mendapat banyak pengalaman baru loh dan ilmu yang sangat bermanfaat bahkan untuk kehidupan sehari – hari. Kita akan terbiasa dengan suasana dalam lab dan membuat kita lebih disiplin dan efisiensi waktu.

Jadwal kuliah yang padat ?

Saat kita masuk ke dalam dunia perkuliahan, pastinya yang ada di dalam pikiran kita adalah waktu pembelajaran yang sedikit, tidak seperti saat kita menjadi siswa.

Pada kenyataannya, terlebih lagi kuliah di bidang kesehatan termasuk farmasi jadwal kuliah yang kita jalani pastinya akan padat. Hal tersebut di karenakan banyaknya pembelajaran mengenai farmasi yang tidak kita pelajari pada saat kita menjadi siswa dan lagi banyak sekali praktikum yang harus kita lakukan.

Untuk mahasiswa baru pasti akan merasakan lelah, pusing atau bahkan berfikir salah jurusan, tetapi setelah kita menjalaninya semua akan berjalan seperti semestinya. Untuk mahasiswa farmasi, jadwal yang padat bahkan, waktu libur yang sedikit atau waktu libur yang digunakan untuk mengerjakan laporan praktikum dan tugas tugas adalah hal yang biasa. Maka dari itu untuk memilih jurusan farmasi harus selalu kuat mental, iman, dan jasmani.

Baca :  Kisah Apoteker Relawan COVID-19 di Wisma Atlet

Punya banyak teman didunia kesehatan

Dalam jurusan farmasi tidak hanya mempelajari tentang obat saja, tetapi ada beberapa mata kuliah yang kita pelajari selain obat, seperti mempelajari alat alat kesehatan dan kegunaanya, mempelajari berbagai macam penyakit dari gejalanya sampai bagaiman bisa terjadinya suatu penyakit serta penanganannya, dan masih banyak lagi.

Dengan kita mempelajari hal tersebut maka ada hubungannya antara farmasi, dokter dan perawat, bahkan dengan tenaga tenaga kesehatan lainnya.

Sehingga keuntungan dari kita memilih jurusan farmasi selain mengetahui berbagai macam obat, kita juga mengetahui kegunaan dari alat alat kesehatan yang biasa digunakan oleh dokter atau perawat, dan farmasi dapat pula memberikan edukasi mengenai beberapa penyakit seperti sebab akibatnya, gejalanya, serta pengobatannya.

Dengan begitu kita sebagai farmasi pastinya akan memiliki banyak teman atau kenalan di dunia kesehatan maupun bukan kesehatan, tidak hanya sesama farmasi. Hal tersebut pastinya membawa keuntungan untuk kita kedepannya.
Prospek kerja dari Jurusan Farmasi pun tidak hanya dibagian pelayanan kesehatan seperti apotek dan rumah sakit loh. Kita bisa juga sebagai tenaga pengajar , peneliti , pegawai pemerintahan , pengusaha dan lain – lain. Jurusan farmasi tidak hanya berfokus pada obat – obatan loh tetapi juga pada kosmetik dan makanan. Kita juga bisa membuat suatu produk kosmetik yang bisa dipasarkan dan bersaing dengan produk lain nya.
Itulah info seputar kuliah jurusan Farmasi dari kami. Tidak ada yang mudah untuk mendapatkan ilmu dan masa depan yang baik. Jadi jangan terpengaruh dengan hal – hal kecil ya !

Pastikan kamu mencari informasi pasti mengenai hal tersebut sehingga yakin dengan pilihanmu.

Referensi

Sejarah Farmasi ( daring ) .Tautan : https://afi.ac.id/info/1246

Diakses pada tanggal 26 September 2021

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About Yuni Rahmasari

Yuni Rahmasari
Perempuan | Mahasiswa Farmasi

Check Also

Konsep Praktik Mandiri Apoteker dalam Sistem Pelayanan Kesehatan Indonesia

Majalah Farmasetika – Apoteker, jika merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 51 tahun 2009 tentang Pekerjaan …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.