Home / Featured / Xermelo (Telotristat Etil), Terapi Baru Diare Sindrom Karsinoid

Xermelo (Telotristat Etil), Terapi Baru Diare Sindrom Karsinoid

Farmasetika.com – Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat telah menyetujui tablet Xermelo (telotristat etil) yang dikombinasikan dengan terapi somatostatin analog (SSA) untuk pengobatan orang dewasa dengan diare sindrom karcinoid yang hanya dapat dikendalikan oleh terapi SSA saja.

Sindrom karsinoid adalah gejala yang kadang terlihat pada orang dengan tumor karsinoid. Tumor ini jarang terjadi, dan sering lambat tumbuh. Kebanyakan tumor karsinoid ditemukan di saluran pencernaan.

Sindrom karsinoid terjadi pada kurang dari 10 persen pasien dengan tumor karsinoid, biasanya setelah tumor telah menyebar ke hati. Tumor pada pasien ini melepaskan kelebihan jumlah hormon serotonin, yang menyebabkan diare. Komplikasi diare yang tidak terkontrol termasuk penurunan berat badan, kekurangan gizi, dehidrasi, dan ketidakseimbangan elektrolit.

Keamanan dan effisiensi Xermelo dilakukan dalam percobaan 12 minggu, double-blind, terkontrol plasebo pada 90 partisipan dewasa dengan tumor neuroendokrin metastatik terdiferensiasi dan diare sindrom karninoid. Pasien ini mengalami antara 4 hingga 12 gerakan usus setiap hari meskipun menggunakan SSA dengan dosis stabil selama setidaknya tiga bulan. Peserta tetap pada pengobatan SSA mereka, dan secara acak untuk menambahkan plasebo atau pengobatan dengan Xermelo tiga kali sehari. Mereka yang menerima Xermelo ditambahkan ke pengobatan SSA mereka mengalami penurunan lebih besar dalam frekuensi buang air besar rata-rata dibandingkan pada SSA dan plasebo. Sebanyak 33 persen dari peserta yang diacak untuk menambahkan Xermelo ke SSA mengalami pengurangan rata-rata 2 gerakan usus sehari dibandingkan dengan 4 persen pasien yang diacak untuk menambahkan plasebo ke SSA.

Xermelo dengan terapi SSA dalam rejimen telah disetujui dalam bentuk tablet untuk diminum tiga kali sehari dengan makanan. Xermelo menghambat produksi serotonin oleh tumor karsinoid dan mengurangi frekuensi gerakan usus. Ini dapat digunakan pada pasien yang tidak mencapai kontrol yang memadai terhadap diare walaupun minum obat untuk sindrom karsinoid yang disebut terapi somatostatin analog (SSA). Xermelo memberi efek yang sama pada pasien di bawah dan di atas usia 65 tahun.

Telotristat etil adalah inhibitor hidroksilase triptofan, enzim yang memediasi tahap pembatas laju biosintesis serotonin. Serotonin merupakan neurotransmitter yang memainkan peran dalam beberapa proses GI, termasuk sekresi, peradangan, motilitas, dan sensasi. Kelebihan serotonin diproduksi pada pasien dengan sindrom karsinoid. Telotristat merupakan metabolit aktif dari etil telotristat yang menghambat triptofan hidroksilase, sehingga mengurangi kadar serotonin perifer dan frekuensi diare sindrom karsinoid.

Penyimpanan obat xermelo di suhu ruangan, jauhi dari panas dan cahaya langsung. Jangan membekukan obat kecuali diperlukan oleh brosur kemasan. Jauhkan obat dari anak-anak dan hewan peliharaan. Jangan membuang obat ke toilet atau menuangkannya ke drainase kecuali diinstruksikan seperti itu. Obat yang dibuang dengan cara ini dapat mengontaminasi lingkungan. Mohon konsultasi pada apoteker atau dokter Anda tentang lebih banyak detil tentang bagaimana membuang Xermelo Tablet dengan aman.

Jika melewati sebuah dosis, konsumsilah sesegera mungkin anda mengetahui. Jika waktunya dekat dengan dosis Anda berikutnya, lewati dosis yang terlewat dan lanjutkan jadwal dosis Anda. Jangan mengambil ekstra dosis untuk memperbaiki dosis yang terlewat. Jika Anda secara teratur terlewat dosisnya, pertimbangkan mengeset alarm atau meminta anggota keluarga untuk mengingatkan Anda. Mohon konsultasi pada dokter Anda untuk mendiskusikan perubahan dalam jadwal dosis Anda atau jadwal baru untuk memperbaiki dosis yang terlewat, jika Anda melewati terlalu banyak dosis akhir-akhir ini.

Berikut adalah daftar efek samping yang memungkinkan yang dapat terjadi dari semua bahan-bahan konstitusi Xermelo Tablet. Ini bukanlah daftar yang komprehensif. Efek-efek samping ini memungkinkan, tetapi tidak selalu terjadi. Beberapa efek samping ini langka tetapi serius.

  • Mual
  • Sakit kepala
  • Depresi
  • Edema perifer
  • Perut kembung
  • Nafsu makan menurun
  • Pireksia

Daftar Pustaka

FDA. 2017. Xermelo. Tersedian online di https://www.xermelo.com/ [Diakses 28 Nov 2019].

FDA. 2018. Xermelo for carcinoid syndrome diarrhea. Tersedia online di https://www.fda.gov/NewsEvents/Newsroom/PressAnnouncements/ucm544035.htm [Diakses 28 Nov 2019].

FDA. 2017. Drug Trials Snapshot: Xermelo. Tersedia online di https://www.fda.gov/Drugs/InformationOnDrugs/ucm546637.htm [Diakses 28 Nov 2019].

Tabletwise. 2018. Xermelo Tablet – Kegunaan, Efek Samping, Ulasan, Komposisi, Interaksi, Peringatan, Substitusi, dan Dosis. USA: Lexicon Pharma.

Penulis: Wong Yi Shan, Maria Buhaira (Fakultas Farmasi, Universitas Padjadjaran)

Share this:
  • 25
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    25
    Shares

About wong yi shan

Check Also

GIAPREZA®: Hormon Angiotensin II Sintesis, Terobosan Baru Atasi Syok Septik

Farmasetika.com – GIAPREZA® merupakan hormon Angiotensin II sintetis pertama yang telah diterima oleh Food and …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar