Download Majalah Farmasetika

Bosutinib, Obat Baru untuk Pasien Anak dengan Leukemia Myelogenous Kronis

Majalah Farmasetika – Bosutinib (Bosulif) diindikasikan untuk mengobati pasien anak dengan leukemia myelogenous kronis fase kronis kromosom Philadelphia-positif yang baru didiagnosis, resisten, atau tidak toleran terhadap terapi sebelumnya.

FDA telah menyetujui bosutinib (Bosulif) untuk mengobati pasien anak berusia 1 tahun atau lebih dengan kromosom Philadelphia (Ph) – positif fase kronis leukemia myelogenous kronis (CP-CML) yang baru didiagnosis, resisten, atau tidak toleran terhadap terapi sebelumnya. FDA juga menyetujui bentuk dosis kapsul baru pada 50 mg dan 100 mg.1

Persetujuan didasarkan pada temuan dari uji coba BCHILD fase 1/2 multisenter, nonrandomized, open-label, (NCT04258943). Uji coba mendaftarkan pasien anak berusia antara 1 dan 17 tahun yang memiliki diagnosis sitogenetik dan molekuler CML Ph-positif, baik pada saat diagnosis awal atau selama skrining.2

Untuk kriteria pendaftaran, pasien yang baru didiagnosis diharuskan memiliki Ph-positif CP-CML dalam waktu 6 bulan dari diagnosis awal tanpa pengobatan inhibitor tirosin kinase (TKI) sebelumnya untuk CML, selain untuk hydroxyurea dan / atau anagrelide. Pasien dengan CP-CML resisten / intoleran diharuskan memiliki resistensi seperti yang didefinisikan oleh pedoman European Leukemia Net 2013 atau intoleransi terhadap setidaknya 1 TKI sebelumnya.

Kriteria pendaftaran lainnya mengharuskan pasien berusia ≤16 tahun untuk memiliki status kinerja Lansky minimal 50% atau mengharuskan pasien berusia >16 tahun untuk memiliki status kinerja Karnofsky minimal 50%. Pasien juga diharuskan memiliki fungsi sumsum tulang yang memadai, jumlah neutrofil, dan fungsi ginjal.

Kriteria eksklusi termasuk leukemia limfoblastik akut Ph-positif primer, penyakit ekstramedulla saja, atau mutasi BCR-ABL1 T315I atau V299L yang didokumentasikan. Pada fase 1 percobaan, pasien dengan CP-CML Ph-positif resisten / intoleran diberikan 400 mg / m2 bosutinib oral sekali sehari.

Setelah menetapkan dosis fase 2 yang direkomendasikan, pasien dengan penyakit resisten atau intoleran dirawat di RP2D pada fase 2. Mereka dengan penyakit yang baru didiagnosis hanya terdaftar selama fase 2 percobaan dan diberikan 300 mg / m2 bosutinib oral sekali sehari.

Baca :  Kisqali® (ribociclib) Obat Baru Untuk Terapi Kanker Payudara Metastatis HR+/HER2-

Studi ini menunjukkan bahwa pada median tindak lanjut 14,2 bulan (kisaran, 1,1-26,3), pasien anak dengan CP-CML Ph-positif yang baru didiagnosis (n = 21) memiliki tingkat respons sitogenetik utama (MCyR) 76,2% (95% CI, 52,8% -91,8%) dan tingkat respons sitogenetik lengkap (CCyR) 71,4% (95% CI, 47,8% -88,7%). Selanjutnya, respon molekuler utama (MMR) adalah 28,6% (95% CI, 11,3% -52,3%).

Di antara pasien anak dengan CP-CML Ph-positif resisten / intoleran (n = 28), percobaan menemukan bahwa pada median tindak lanjut 23,2 bulan (kisaran, 1-61,5), tingkat MCyR adalah 82,1% (95% CI, 63,1% -93,9%), tingkat CCyR adalah 78,6% (95% CI, 59% -91,7%), dan MMR adalah 50% (95% CI, 30,6% -69,4%). Dua pasien di antara 14 yang mencapai MMR kehilangan setelah 13,6 dan 24,7 bulan pengobatan, masing-masing.

Menurut FDA, dosis bosutinib yang dianjurkan untuk pasien anak dengan CP-CML Ph-positif yang baru didiagnosis adalah 300 mg / m2 secara oral sekali sehari dengan makanan, sedangkan dosis yang dianjurkan untuk pasien anak dengan CP-CML Ph-positif yang resisten / tidak toleran adalah 400 mg / m2 secara oral sekali sehari dengan makanan.

Efek samping yang paling umum terjadi pada setidaknya 20% pasien anak terdiri dari diare, sakit perut, muntah, mual, ruam, kelelahan, disfungsi hati, sakit kepala, pireksia, nafsu makan menurun, dan sembelit. Kelainan laboratorium yang paling umum yang memburuk dari awal pada setidaknya 45% pasien anak termasuk peningkatan kreatinin, peningkatan alanin aminotransferase, peningkatan aspartat aminotransferase, penurunan jumlah sel darah putih, dan penurunan jumlah trombosit.

References

  1. FDA approves bosutinib for pediatric patients with chronic myelogenous leukemia. News release. FDA. September 26, 2023. Accessed September 27, 2023. https://www.fda.gov/drugs/resources-information-approved-drugs/fda-approves-bosutinib-pediatric-patients-chronic-myelogenous-leukemia
  2. Bosutinib in pediatric patients with newly diagnosed chronic phase or resistant/intolerant Ph+ chronic myeloid leukemia. ClinicalTrials.gov. Updated August 31, 2023. Accessed September 27, 2023. https://classic.clinicaltrials.gov/ct2/show/NCT04258943
Share this:

About jamil mustofa

Avatar photo

Check Also

FDA telah menyetujui 2 metode administrasi baru untuk tablet obat antikejang (ASM) cenobamate (Xcopri; SK Biopharmaceuticals).

Majalah Farmasetika – Obat ini ditujukan untuk pasien dewasa dengan kejang parsial, dan kini obat …

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.