Download Majalah Farmasetika

Dow Chemical Thailand Bantah BPOM, Pelarutnya Aman Tanpa Etilen Glikol

Majalah Farmasetika – Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny K Lukito, telah mengumumkan sumber bahan baku propilen glikol yang mengandung cemaran etilen glikol (EG) yang digunakan oleh PT Yarindo Farmatama bersumber dari Dow Chemical Thailand (31/10/2022).

Hal ini dibantah langsung oleh pihak Dow Chemical Thailand, perusahaan multi nasional yang berpusat di Amerika Serikat.

“Tidak ada pemasok yang disebutkan oleh BPOM adalah pelanggan kami,” kata Dow Chemical Thailand dalam pernyataan resmi, dikutip dari Reuters, Selasa (1/11).

Bahkan Dow Chemical Thailand membantah produk mereka menggunakan pelarut obat sirop yang memicu zat berbahaya etilen dan dietilen glikol.

“Dan bahwa produk kami tidak mengandung etilen glikol atau dietilen glikol. Kami telah menyerahkan data analitis ke BPOM,” jelas perusahaan tersebut.

Sebelumnya, Kepala BPOM merilis data pelarut propilen glikol yang digunakan oleh PT Yarindo Farmatama berasal dari Dow Chemical Thailand. PT Yarindo saat ini dipidanakan karena produknya memiliki cemaran EG diatas ambang batas dan diduga kuat menjadi penyebab terjadinya Gagal Ginjal Akut pada anak.

“Untuk PT Yarindo Farmatama (mendapat pelarut) yang produsennya Dow Chemical Thailand, jadi negaranya Thailand. Dow Chemical-nya sumbernya Amerika, tapi kalau ini (PT Yarindo) jalurnya dari Dow Chemical Thailand,” kata Penny dalam jumpa pers bersama Bareskrim, Senin (31/10).

Sumber

Indonesia revokes firms’ fever syrup licences amid inquiry into 150 deaths https://www.reuters.com/world/asia-pacific/indonesia-revokes-firms-fever-syrup-licences-amid-probe-into-150-deaths-2022-10-31/

Share this:
Baca :  Tak Wajibkan Cek EG/DEG, PT Universal Adukan BPOM ke Ombudsman

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi majalah populer. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Axicabtagene Ciloleucel Aman dan Dapat Ditoleransi untuk Limfoma Sistem Saraf Pusat yang Kambuh dan Refrakter

Majalah Farmasetika – Para peserta dalam penelitian ini menunjukkan respons yang tahan lama selama lebih …

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.