Download Majalah Farmasetika
Breast Lump - 3d rendered illstration

Kurangi Asupan Vitamin B5 Ditemukan Dapat Turunkan Risiko Kanker Payudara

Majalah Farmasetika – Tikus dengan jaringan kanker payudara manusia dan tingkat tinggi gen pendorong kanker Myc yang menerima diet kekurangan vitamin B5 memiliki pertumbuhan tumor yang lebih lambat.

Menurut penelitian baru, vitamin B5 (biasanya terkait dengan metabolisme sel) mungkin juga berhubungan dengan pertumbuhan tumor. Namun, penelitian ini—yang dipublikasikan dalam Nature Metabolism—tidak selalu berarti bahwa pasien harus membatasi diri dari semua vitamin B5 dalam pola makan mereka.

“Vitamin B5 diperlukan untuk fungsi normal tubuh,” kata Mariia Yuneva, PhD, pemimpin senior kelompok Laboratorium Oncogenes dan Tumour Metabolism di Francis Crick Institute dan co-investigator dalam tim Rosetta Cancer Grand Challenges, dalam rilis pers. “Mencoba membatasi akses vitamin B5 ke tumor adalah keseimbangan halus dan bisa memiliki efek samping yang beracun.”

Temuan ini berasal dari studi hewan yang bertujuan untuk mengungkap lebih banyak tentang metabolisme tumor. Selama studi, para peneliti dari tim Rosetta Cancer Grand Challenges memberikan dua jenis sel tumor pada tikus: sel dengan tingkat Myc tinggi (Myc-tinggi) atau rendah (Myc-rendah). Tim juga menanamkan jaringan tumor kanker payudara manusia dengan tingkat Myc tinggi dan Myc rendah ke dalam tikus.

Myc adalah gen pendorong kanker yang merangsang pertumbuhan sel kanker, mengganggu proses sel normal, dan menyebabkan ketergantungan nutrisi. Biasanya, tumor akan memiliki tingkat ekspresi Myc yang berbeda, menyebabkan area Myc rendah versus tinggi dalam sel tumor.

Tim kemudian menggunakan spektrometri massa untuk mengevaluasi hubungan antara vitamin B5 dan kelimpahan Myc dalam sel tumor; mereka menemukan hubungan antara vitamin B5 dan sel Myc-tinggi.

Secara khusus, vitamin B5 mempromosikan pertumbuhan dan kelangsungan hidup sel tumor pada sel kanker payudara manusia dengan ekspresi Myc tinggi. Ini mungkin terjadi karena Myc meningkatkan jumlah transporter multivitamin dalam sel; peran mereka adalah memungkinkan vitamin memasuki sel. Ketika baik sel Myc-tinggi maupun Myc-rendah memiliki lebih banyak transporter, sel memperbolehkan lebih banyak vitamin B5 masuk, menurut para peneliti.

Baca :  Studi Temukan Penggunaan Methotrexate Dapat Tingkatkan Risiko Kanker Kulit

Demikian pula, lebih banyak B5 dapat meningkatkan pertumbuhan sel tumor. Sel mengubah vitamin B5 menjadi koenzim A, yang digunakan dalam jalur metabolisme dan memberikan makronutrien (protein, lemak, dan karbohidrat) yang dapat digunakan sebagai energi untuk memfasilitasi pertumbuhan sel tumor.

“Mengambil hanya 1 vitamin menghentikan rangkaian peristiwa pendorong kanker,” kata Peter Kreuzaler, mantan peneliti pascadoktoral di Laboratorium Oncogenes dan Tumour Metabolism dan sekarang Pemimpin Kelompok di Universitas Cologne, dalam rilis pers.

Dalam analisis lebih lanjut, tikus dengan tumor Myc-rendah dan Myc-tinggi, bersama dengan tikus yang ditransplantasi dengan jaringan kanker payudara manusia, yang menerima diet kekurangan vitamin B5, memiliki pertumbuhan tumor yang lebih lambat daripada mereka yang diberi diet standar.

Namun, pada akhirnya, para peneliti mengatakan bahwa menghilangkan vitamin B5 dari pola makan mungkin tidak sepenuhnya bermanfaat bagi pasien karena vitamin mendukung sistem kekebalan dan dapat membantu melawan tumor. Strategi baru sedang mencari cara melemahkan tumor tanpa mengorbankan sistem kekebalan.

“Sementara tikus yang digunakan dalam penelitian ini memiliki sistem kekebalan yang melemah…langkah selanjutnya adalah melihat dampak penghapusan vitamin B5 dalam sistem kekebalan yang kuat,” kata Kreuzaler dalam rilis pers.

Yuneva menambahkan, “Akan menarik untuk menguji bagaimana perubahan tingkat vitamin membuat perbedaan dalam pengobatan, atau bagaimana kita dapat menggunakan metabolisme vitamin B5 untuk menggambarkan jenis tumor apa yang dimiliki seseorang dan apakah itu akan merespons perawatan yang berbeda.”

Referensi

Reducing vitamin B5 slows breast cancer growth in mice. The Francis Crick Institute. News Release. November 9, 2023. Accessed on November 14, 2023. https://www.eurekalert.org/news-releases/1007257

Share this:

About jamil mustofa

Avatar photo

Check Also

Menkes Gratiskan Biaya Penerbitan Surat Tanda Registrasi Tenaga Kesehatan

Majalah Farmasetika – Kabar baik datang dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Melalui Peraturan Menteri Kesehatan …

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.