Download Majalah Farmasetika

Konsumsi Vitamin D Membantu Memperpanjang Fase ‘Honeymoon’ Diabetes Tipe 1 pada Pasien dengan Diagnosis Baru

Majalah Farmasetika – Mengonsumsi suplemen vitamin D dosis tinggi dapat meningkatkan fungsi sel beta yang memproduksi insulin pada anak-anak dan dewasa muda yang baru saja didiagnosis menderita diabetes tipe 1 (T1D), menurut penyelidik di Cohen Children’s Medical Center dan The Feinstein Institutes for Medical Research di Northwell Health. Temuan ini dipublikasikan dalam JAMA Network Open.

Menjaga fungsi sel yang memproduksi insulin dapat memperpanjang “fase honeymoon” T1D, yang dapat mengurangi risiko komplikasi jangka panjang yang terkait dengan diabetes, kata penulis utama Benjamin Nwosu, MD, kepala endokrinologi dan direktur pusat diabetes di Cohen Children’s dan peneliti di Feinstein Institutes, dalam siaran pers. “Fase honeymoon” adalah fase yang dialami beberapa penderita diabetes tipe 1 segera setelah didiagnosis. Selama masa ini, penderita diabetes tampaknya menjadi lebih baik dan mungkin hanya membutuhkan insulin dalam jumlah sedikit. Beberapa orang bahkan mengalami kadar gula darah normal atau mendekati normal tanpa mengonsumsi insulin. Hal ini terjadi karena pankreas masih memproduksi insulin untuk membantu mengontrol gula darah.

T1D muncul ketika sel beta dalam pankreas berhenti memproduksi insulin, hormon yang mengangkut gula darah ke sel-sel tubuh untuk produksi energi. Ketika gula darah tidak dapat diangkut, ia menumpuk dalam aliran darah dan dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada tubuh—hal ini dapat fatal bagi pasien.

Namun, sel beta biasanya tetap mempertahankan 30% hingga 50% fungsi mereka ketika seseorang pertama kali didiagnosis dengan T1D. Mereka dapat memproduksi insulin selama bertahun-tahun setelah diagnosis, sehingga memperpanjang fase remisi parsial (PR) ini dapat mengurangi komplikasi jangka panjang dan meningkatkan kontrol glukosa darah.

Penyelidik dengan Northwell Health melakukan analisis sekunder post hoc dari uji klinis acak tunggal, ganda buta, kontrol plasebo, kelompok paralel untuk mengevaluasi suplementasi vitamin D untuk produksi sel beta pada anak-anak berusia 10 hingga 21 tahun.

Baca :  Suplementasi Vitamin D Ditemukan Dapat Melindungi Infeksi Saluran Pernafasan Akut

Ketika mengevaluasi ergokalsiferol—sebuah bentuk vitamin D—dibandingkan dengan plasebo, mereka melihat bahwa ergokalsiferol mengurangi rasio proinsulin terhadap C-peptida lebih banyak daripada plasebo. Juga mengurangi area di bawah kurva C-peptida, yang berarti memperlambat hilangnya C-peptida. C-peptida menunjukkan bahwa tubuh sedang memproduksi insulin, dan hilangnya yang lebih lambat menunjukkan bahwa tubuh masih memproduksi insulin.

“Mengetahui bahwa vitamin D dapat melindungi sel β pankreas dan meningkatkan produksi insulin yang baik dan fungsional secara alami pada pasien-pasien ini adalah hal yang menarik,” kata Nwosu dalam siaran pers.

Nwosu mencatat bahwa mengelola kondisi ini dapat sangat mahal, dan ia akan melakukan penelitian di masa depan tentang pengembangan opsi pengobatan yang lebih terjangkau dan efektif.

“Menggunakan kembali suplemen yang umum digunakan seperti vitamin D, yang diketahui aman dan efektif untuk penyakit lain, merupakan kesempatan untuk terus mengembangkan terapi lain yang diperlukan untuk mengobati T1D,” kata Schleien dan Lanzkowsky dalam siaran pers.

Referensi

1. Northwell Health Researcher Shows Vitamin D Could Improve Insulin-producing Cells in Children With Type 1 Diabetes. Northwell Health. News Release. March 5, 2024. Accessed on March 6, 2024. https://www.businesswire.com/news/home/20240305266724/en

2. Definition: Beta Cells. Nemours KidsHealth. https://kidshealth.org/en/parents/beta-cells.html#:~:text=Beta%20cells%20are%20cells%20that,mistakenly%20destroys%20the%20beta%20cells.

3. Nwosu BU, Parajuli S, Sharma RB, et al. Effect of Ergocalciferol on β-Cell Function in New-Onset Type 1 Diabetes. JAMA Netw Open. 2024;7(3):e241155. doi:10.1001/jamanetworkopen.2024.1155

4. Insulin C-peptide test. Mount Sinai. Reference. Accessed on March 6, 2024. https://www.mountsinai.org/health-library/tests/insulin-c-peptide-test#:~:text=C%2Dpeptide%20is%20a%20sign,would%20naturally%20be%20low%20then.

Share this:

About jamil mustofa

Avatar photo

Check Also

Apakah Profesi Apoteker Akan Usang di Masa Depan Tergantikan oleh Artificial Intelligent? Mari Menyingkap Fakta

Majalah Farmasetika – Perkembangan teknologi yang pesat, terutama kecerdasan buatan (AI) dan robotika, telah menimbulkan …

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.