Project Milenial featuring news blogs and tutorials Adjustable Beds – Not Just For The Elderly! How A Dermatologist Can Help With Acne Problems Aromatherapy And Kids Amazingly Simple Skin Care Tips For People With Acne

Peran Penting Apoteker dalam Tata Kelola Alergi di Apotek

Majalah Farmasetika – Apoteker dapat membantu pasien dengan alergi memperoleh antihistamin atau dekongestan oral yang tepat, semprotan hidung steroid atau dekongestan, dan/atau obat tetes mata berdasarkan gejala.

Molly Gombos,PharmD, MPBA, seorang apoteker yang memperoleh gelar Doctor of Pharmacy dari University of Pittsburgh pada tahun 2014 dan telah menghabiskan 7 tahun terakhir bekerja di apotek komunitas melalui PharmacyTimes memberikan penjelasan terkait peranan apoteker dalam tata kelola alergi.

Bagi banyak pasien, musim alergi bisa menjadi waktu yang ditakuti sepanjang tahun. Alergi musiman mempengaruhi 10% -30% orang Amerika setiap tahun dan dapat menyebabkan sejumlah besar gejala, mulai dari bersin, pilek, dan gatal, mata berair hingga sesak napas, mengi, bengkak, dan ruam.

Beruntung bagi pasien ini, ada banyak pilihan pengobatan yang efektif untuk alergi ringan hingga berat yang tersedia baik yang dijual bebas maupun dengan resep dokter. Faktanya, ada begitu banyak pilihan pengobatan yang tersedia sehingga pasien mungkin sering memerlukan panduan untuk memilih produk terbaik untuk gejala mereka, yang merupakan tempat utama apoteker masuk. Ada banyak tempat dalam perjalanan pengobatan alergi pasien di mana apoteker dapat merencanakan peran penting.

Untuk memulai, apoteker sering terlibat dalam pengelolaan alergi pasien sejak awal. Banyak pasien akan mendekati apoteker untuk mendapatkan panduan dalam membuat diagnosis mandiri berdasarkan gejala.

Karena alergi musiman dapat mempengaruhi pasien secara berbeda dari tahun ke tahun dan bahkan dari hari ke hari, terkadang mengidentifikasi gejala-gejala ini dapat bernuansa dan sulit. Demikian pula, gejala alergi sering meniru gejala flu biasa.

Pasien dengan alergi musiman baru mungkin pada awalnya percaya bahwa mereka menderita virus, dan meskipun pilihan pengobatan mungkin tumpang tindih dalam beberapa hal untuk pilek dan alergi, mengidentifikasi penyakit dengan benar dan memulai rejimen yang paling tepat dengan segera pasti akan membuat pasien merasa jauh lebih baik. lebih cepat.

Untuk sebagian besar pasien ini, alergi dapat diobati sepenuhnya dengan obat bebas, tidak memerlukan kunjungan ke dokter dan tanpa resep. Ini menempatkan apoteker pada posisi yang unik dan penting untuk membuat pasien alergi memulai terapi OTC yang benar untuk gejala mereka karena ada begitu banyak produk yang dapat dipilih.

Baca :  Wabah COVID-19 : Ucapan Terimakasih Bekerja Keras di Apotek, Buat Menangis Apotekernya

Karena apoteker adalah penyedia layanan kesehatan yang paling mudah diakses dan kemungkinan paling berpengetahuan tentang produk OTC, peran kami di sini cukup jelas. Apoteker dapat membantu pasien mendapatkan antihistamin atau dekongestan oral yang tepat, semprotan hidung steroid atau dekongestan, dan/atau obat tetes mata berdasarkan gejala.

Apoteker juga dapat membantu mengarahkan pasien ke produk kombinasi yang berpotensi berguna dan hemat biaya yang akan mengatasi gejala yang benar tanpa pengobatan yang berlebihan. Membantu pasien yang baru mengenal alergi musiman mengatasi gejalanya OTC bukan satu-satunya tempat apoteker memainkan peran penting dalam membantu pasien mengelola keadaan penyakit ini.

Bagi banyak pasien, perawatan OTC tidak akan berhasil mengatasi gejala mereka, mengharuskan mereka untuk mencari perawatan lebih lanjut baik dari penyedia perawatan primer atau spesialis alergi. Pasien-pasien ini kemungkinan akan menerima resep untuk penyelamatan dan/atau inhaler steroid, steroid oral, atau inhibitor leukotrien.

Untuk pasien ini, seorang apoteker dapat membantu dalam arti yang lebih tradisional dengan mengurangi beban yang terkait dengan mengadili dan mengeluarkan obat resep mereka. Peran ini juga dapat menjadi signifikan karena banyak dari obat-obatan ini, terutama produk inhaler, bisa sangat mahal dan mungkin sering memerlukan izin sebelumnya. Selain itu, pengguna inhaler pertama kali akan sangat diuntungkan dari konseling dari apoteker mengenai cara menggunakan inhaler dengan benar untuk mendapatkan hasil maksimal dari terapi.

Peran apoteker dalam manajemen alergi musiman tidak berhenti di sini. Meskipun sebagian besar pasien akan dapat menggunakan obat OTC sederhana atau produk farmasi yang biasa diresepkan untuk mengelola alergi mereka, sebagian besar pasien alergi memerlukan obat yang lebih khusus untuk mengobati keadaan penyakit ini dengan benar.

Pasien-pasien ini kemungkinan akan menemui spesialis dan akan memerlukan pilihan pengobatan yang kurang umum digunakan, seperti suntikan imunoterapi, produk imunoterapi sublingual, atau obat-obatan biologis. Banyak dari terapi yang lebih langka dan lebih baru ke pasar ini sering kali berada di bawah payung obat-obatan khusus.

Peran apoteker spesialis di sini sama pentingnya dengan skenario pengobatan lain yang lebih umum. Pasien yang membutuhkan obat khusus seringkali membutuhkan lebih banyak dukungan daripada pasien lain karena sifat obat yang kompleks serta proses farmasi khusus.

Baca :  3 Alasan Kuat Mengapa Apoteker Berperan Penting dalam Terapi Penyembuhan Asma

Meskipun sebagian besar spesialis alergi mungkin akrab dengan proses pemberian resep khusus, beberapa mungkin tidak. Oleh karena itu, mungkin diperlukan intervensi apoteker yang signifikan untuk memastikan resep tiba di apotek khusus yang sesuai di mana dapat berhasil ditagih dan dibagikan. Ini bisa memakan waktu beberapa hari atau upaya, tergantung pada situasi dan asuransi pasien.

Apoteker spesialis memainkan peran yang sangat penting dalam memastikan pasien alergi mampu membeli obat mereka yang biasanya cukup mahal tetapi mungkin lebih murah setelah intervensi asuransi atau kupon atau rabat produsen. Selain itu, pasien ini akan memerlukan pendidikan dan konseling menyeluruh mengenai obat baru mereka, yang seringkali memiliki persyaratan administrasi dan/atau penyimpanan yang unik serta efek samping yang lebih signifikan.

Singkatnya, jelas ada berbagai jenis dukungan yang dibutuhkan pasien dalam mengelola alergi musiman mereka. Beruntung bagi pasien ini, apoteker terampil dan mampu membantu dari awal proses dengan pengenalan gejala dan diagnosis hingga membuat rekomendasi OTC untuk membantu mereka yang memiliki gejala parah mengelola situasi yang kompleks, serta dalam banyak situasi di antaranya.

Sama halnya dengan banyak keadaan atau kondisi penyakit lainnya, peran apoteker sangat penting dan selalu hadir dalam membantu banyak orang Amerika yang melawan alergi musiman menavigasi dan berhasil mengobati gejala mereka.

Sumber

The Pharmacist’s Role in Managing Allergies https://www.pharmacytimes.com/view/the-pharmacist-s-role-in-managing-allergies

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Konsep Praktik Mandiri Apoteker dalam Sistem Pelayanan Kesehatan Indonesia

Majalah Farmasetika – Apoteker, jika merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 51 tahun 2009 tentang Pekerjaan …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.