Home / Regulasi / WHO Umumkan Penderita Diabetes Meningkat 4 Kali Lipat Dibanding Tahun 1980
diabetes
pic : freedigitalphotos.net

WHO Umumkan Penderita Diabetes Meningkat 4 Kali Lipat Dibanding Tahun 1980

Majalah Farmasetika (V1N8-Oktober 2016). Jumlah orang yang hidup dengan diabetes di seluruh dunia meningkat secara signifikan antara tahun 1980 dan 2014, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) baru-baru ini menerbitkan Laporan Global untuk penyakit Diabetes.

Laporan WHO menunjukkan bahwa sekitar 108 juta orang dewasa (4,7% dari populasi global) mengidap diabetes pada tahun 1980 dan pada tahun 2014, sekitar 422 juta pasien (8,5%) atau peningkatan empat kalinya.

Temuan lain yang dibahas dalam laporan tersebut meliputi berikut ini:

  1. Lebih dari 1 dari 3 orang dewasa 18 tahun atau lebih tua memiliki kelebihan berat badan pada tahun 2014, dan lebih dari 1 di 10 orang mengalami obesitas.
  2. Pasien dengan diabetes dilaporkan mengalami peningkatan risiko serangan jantung, stroke, kebutaan, gagal ginjal, dan amputasi ekstremitas bawah.
  3. Diabetes bertanggung jawab atas 1,5 juta kematian pada tahun 2012, dan kadar glukosa darah yang tinggi menyebabkan 2,2 juta lebih banyak kematian dengan memperburuk risiko penyakit kardiovaskular dan lainnya.
  4. Berolahraga secara teratur, makan sehat, menghindari merokok, dan mengontrol tekanan darah dan tingkat lemak adalah metode yang efektif untuk mencegah diabetes tipe 2 (T2D).

“Tidak ada solusi sederhana untuk mengatasi diabetes, namun program terkoordinasi dan intervensi multikomponen dapat membuat perbedaan yang signifikan,” laporan WHO menyimpulkan.

“Semua orang bisa memainkan peran dalam mengurangi dampak dari segala bentuk diabetes. Pemerintah, penyedia layanan kesehatan, orang dengan diabetes, masyarakat sipil, produsen makanan dan pemasok obat-obatan serta teknologi pada semua pemangku kepentingan. Secara kolektif, mereka dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk menghentikan kenaikan diabetes dan meningkatkan kehidupan mereka yang hidup dengan penyakit ini. ” ditegaskan dalam laporannya.

Sumber : http://www.pharmacytimes.com/publications/issue/2016/October2016/Diabetes-Prevalence-Has-Nearly-Quadrupled-Since-1980

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca :  WHO Sarankan Pemerintah Gunakan Standarisasi Kemasan Rokok Polos

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

RUU Kefarmasian Masuk 50 Prioritas Program Legislasi Nasional 2020

Farmasetika.com – Badan Legislasi (Baleg) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dan Kementerian Hukum …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar